Adhi Commuter Properti Garap Kawasan Transportasi Massal Senilai Rp 2 T

  • Oleh : Fahmi

Selasa, 20/Apr/2021 07:01 WIB
Pembangunan apartemen di kawasan properti berbasis transportasi massal (TOD). ilustrasi Pembangunan apartemen di kawasan properti berbasis transportasi massal (TOD). ilustrasi

JAKARTA (BeritaTrans.com) - Pihak PT Adhi Commuter Properti (ADCP) menjalin kerja sama dengan Perum Pengangkutan Penumpang Djakarta (PPD). 

ADCP berencana menjalankan pengembangan kawasan berbasis transportasi massal yang dilengkapi dengan akses transportasi umum Bus Rapid Transit (TransJakarta) di lahan milik PPD. 

Baca Juga:
Bikin Kerja Sama, KAI dan KCIC Beri Layanan Khusus DPR di Stasiun

Perum PPD memiliki lahan seluas 66.400 meter persegi berlokasi di Kawasan Pool Bus Ciputat beralamat di RE Martadinata KM 16, Nomor 15, Ciputat, Tangerang Selatan. Dari hasil kerja sama disepakati, ADCP akan mengembangkan kawasan seluas 52.875 meter persegi di lahan milik PPD. 

Direktur Utama ADCP Rizkan Firman mengatakan kerja sama ini merupakan bentuk sinergi antar BUMN yang bertujuan untuk mengembangkan pemanfaatan lahan milik PPD. 

Baca Juga:
Rencana KCIC di Stasiun Halim: Tingkatkan Aksesibilitas, Konektivitas, dan Integrasi Antarmoda

“Kami (ADCP) konsisten dalam pengembangan kawasan properti berbasis transportasi massal (TOD) seperti LRT dan Commuter Line, dengan brand LRT City dan Adhi City. Dan dalam kesempatan kali ini, kami bersama Perum PPD mengembangkan properti yang juga berbasis transportasi massal, yakni di titik pool PPD Transjakarta Ciputat,” ujarnya dalam keterangan resmi, Senin (19/4/2021). 

Dia menjelaskan di kawasan tersebut akan dikembangkan lahan milik PPD seluas 52.875 meter persegi. Proyek yang nilainya sekitar Rp 2 triliun ini, rencananya akan dijalankan pembangunan proyek pemukiman, Oase Park - Member of LRT City, yang dilengkapi dengan akses transportasi umum yang bertujuan untuk mendapatkan nilai tambah bagi Perum PPD dan ADCP. 

Baca Juga:
Reaktivasi Jalur Rel Kereta Api Kedungsepur di Jateng, Pemprov Bahas Pendanaan

Sementara Direktur Pengembangan Bisnis ADCP Rozi Sparta menjelaskan kerja sama tersebut, ADCP memiliki peran aktif dengan melaksanakan seluruh kegiatan operasional proyek mulai dari perizinan, pembangunan, pemasaran, penjualan sampai dengan pengelolaan dan pemeliharaan. Lahan kerjasama tersebut akan dibangunkan apartemen, komersial area, fasilitas umum, dan fasilitas sosial. 

Akses menuju lokasi Oase Park - Member of LRT City hanya 200 meter dari Gerbang Tol Pamulang (Tol Cinere-Serpong ruas Serpong-Pamulang) dan merupakan bagian dari Jakarta Outer Ring Road (JORR) II yang menjadi pelengkap struktur jaringan di kawasan Jabodetabek. 

Direktur Utama Perum PPD Pande Putu Yasa menyambut baik kerja sama yang dilakukan sebagai bentuk sinergi antar BUMN. Pande juga menilai kerja sama tersebut merupakan kerja sama yang saling menguntungkan bagi kedua belah pihak.  

“Kerja sama ini tentunya memberikan nilai tambah baik bagi ADCP maupun bagi PPD. Kami menyambut baik kerja sama ini karena bisa menguntungkan kedua belah pihak, baik dari aspek operasional, aspek keuangan, maupun manfaat. Tidak hanya bagi perusahaan, pemberdayaan lahan ini juga akan memberikan manfaat bagi masyarakat sekitar,” ucapnya. 

Menurutnya dalam pengembangan Oase Park keseluruhan lahan kerjasama ini akan mulai dikembangkan pada Tower I sejak 2021 hingga 2024 mendatang atau selama kurun waktu sekitar tiga tahun.  

“Informasi mengenai detail proyek dan konsep yang akan diusung dalam proses pengembangannya menjadi fokus utama dalam menyambut baik antusiasme masyarakat terhadap proyek ADCP, Oase Park - Member of LRT City, yang terletak di Ciputat, Tangerang Selatan,” ucapnya.(fh/sumber:republika)