ASDP Kembali Raih Top CSR Awards 2021 Bintang Empat dan Top Leader on CSR Commitment 2021

  • Oleh : Redaksi

Jum'at, 23/Apr/2021 22:31 WIB


JAKARTA (BeritaTrans.com) - PT ASDP Indonesia Ferry (Persero) kembali meraih penghargaan Top CSR Awards 2021 Bintang Empat dan Top Leader on CSR Commitment 2021 yang diberikan kepada Direktur Utama Ira Puspadewi. 

Penghargaan Top CSR Awards 2021 yang diselenggarakan tiap tahun oleh Majalah Top Business, diberikan kepada sejumlah perusahaan terkemuka yang berasal dari berbagai sektor bisnis, di Jakarta, Kamis (22/4). Perhelatan tahun ini mengangkat tema "Peran Strategis CSR dalam Mendukung Keberlangsungan Bisnis yang Berkelanjutan di Masa Kenormalan Baru." 

Baca Juga:
Tarif Penyeberangan Kapal Pelabuhan Bakauheni-Merak Naik Mulai 1 Oktober, Ini Besarannya

Corporate Secretary PT ASDP Indonesia Ferry (Persero) Shelvy Arifin menyampaikan rasa syukur dan apresiasi atas penghargaan Top CSR Awards 2021 Bintang Empat dan Top Leader on CSR Commitment 2021 yang diberikan kepada ASDP sebagai bentuk penilaian dan pengakuan atas kinerja Corporate Social Responsibility (CSR) atau Tanggung Jawab Sosial dan Lingkungan dari perusahaan dalam mendukung laju bisnis yang berkelanjutan. 

“Alhamdullilah tahun ini ASDP bisa mendapatkan dua penghargaan sekaligus, dengan penilaian yang sangat baik. Apresiasi ini menjadi spirit buat kami, khususnya divisi PKBL ASDP untuk terus belajar dan berusaha dalam meningkatkan efektivitas dan kualitas program-program CSR perusahaan,” tutur Shely yang menerima penghargaan, kemarin. 

Baca Juga:
Ini Tarif Baru di Lintas Komersial Penyeberangan ASDP

Adapun Top CSR Awards 2021 Bintang Empat yang diraih ASDP meliputi penilaian sistem, kebijakan, dan pelaksanaan CSR Perusahaan yang berada di level “SANGAT BAIK, dan mendukung strategi bisnis perusahaan, baik dimasa Pandemi COVID-19 maupun untuk pertumbuhan bisnis yang berkelanjutan. 

Sedangkan penghargaan TOP Leader on CSR Commitment 2021 juga berhasil diraih Dirut ASDP Ira Puspadewi, yang dinilai memiliki komitmen tinggi dalam mendukung kelengkapan sistem, tata kelola, dan kebehasilan implementasi CSR di perusahaan. 

Baca Juga:
Mulai Besok, ASDP Terapkan Tarif Baru di 53 Lintasan Penyeberangan

Ketua Penyenggara TOP CSR Awards 2020, Moh Lutfi Handayani menyampaikan bahwa kegiatan tahunan TOP CSR Awards bukan hanya sekedar ajang pemberian penghargaan tertinggi kepada perusahaan yang dinilai berhasil dalam menjalankan program CSR/ TJSL/ Community Development yang efektif dan berkualitas, namun sebagai sarana pembelajaran bersama bagi para peserta, untuk meningkatkan kualitas program CSR dalam mendukung bisnis yang berkelanjutan. “Dari tahun ke tahun, program-program CSR perusahaan finalis, terus meningkat efektivitas dan kualitasnya,” ujarnya. 

Ketua Dewan Juri Top CSR Awards 2021 Mas Achmad Daniri menjelaskan beberapa kriteria utama penilaian terhadap program CSR perusahaan peserta.  Pertama, adalah bagaimana tingkat Keselarasan CSR dengan Strategi Bisnis & Penerapan CSV (Creating Shared Value). Kedua adalah Program CSR Unggulan di Masa Pandemi COVID-19. Hal ini menjadi penting, agar keberadaan CSR, dapat terus beperan untuk membantu perusahaan dalam kondisi dan situasi sulit seperti ini. Ketiga, sejauh mana CSR perusahaan sudah mengadopsi CSR terhadap ISO 26000 Social Responsibility. Dan yang keempat adalah bagaimana kebijakan dan sistem Tata Kelola CSR.

“Temuan penting secara umum, semakin banyak program-program CSR perusahaan yang beroperasi di Indonesia yang sudah berupaya menyelaraskan dengan strategi bisnisnya. Jika selaras dengan strategi bisnis, maka akan tersedia peluang untuk menciptakan manfaat bersama bagi masyarakat setempat, perusahaan dan stakeholder termasuk Pemerintah,” ujarnya. 

TOP CSR Awards, diselenggarakan setiap tahun oleh Majalah Top Business, yang bekerja sama dengan sejumlah institusi (Komite Nasional Kebijakan Governance, Yayasan Pakem, Dwika Consulting, Lembaga Kajian Nawacita, Sinergi Daya Prima, Mitra Bhadra Consulting, Solusi Kinerja Bisnis, Indonesia Shared Value Institute, dan lain-lain). 

Awarding ini diikuti oleh 150 perusahaan finalis (dari 800 perusahaan – long list) atau naik 25% dari tahun 2020 lalu yang diikuti 120 finalis.  Tahun ini, ada 22 perusahaan yang meraih penghargaan rating / Level Bintang 5 atau naik dua kali lipat dibanding tahun 2020 lalu yang hanya 11 perusahaan di level Bintang 5. Selain itu, banyak perusahaan yang naik ke Bintang 4 atau berhasil mempertahankan di level Bintang 4. (omy/lia)