Pelabuhan Balikpapan Diperketat Antisipasi Covid dari India

  • Oleh : Redaksi

Minggu, 25/Apr/2021 07:15 WIB


Jakarta (BeritaTrans.com)  -- Satgas Penanganan Covid-19 Kota Balikpapan meningkatkan kewaspadaan di Pelabuhan Semayang dan Pelabuhan Peti Kemas Kariangau, khususnya terkait kedatangan kapal dari India dan China.

Antisipasi dilakukan usai sebelumnya didapati enam warga India yang terpapar Covid-19 di Kota Samarinda.

Ketua Satgas Penanganan Covid-19 Kota Balikpapan, Wali Kota Rizal Effedi mengatakan awak kapal dari India dan China yang paling diwaspadai, terutama lagi awak kapal pengangkut batubara. Apalagi, kata dia, di India saat ini kasus Covid-19 kembali merebak yang membuat ribuan orang terpapar.

"Batu bara kita kan diekspor ke India, juga China. Satu cara mengangkutnya mereka kirim kapalnya ke sini untuk dimuati batubara. Nah itu yang kita waspadai," kata dia, Sabtu (24/4) dikutip dari Antara.

Apalagi pemuatan batubara ke kapal dari stockpile bisa memakan waktu beberapa hari, dan sementara itu awak kapal turun ke darat.

Menurut Wali Kota Rizal, Satgas Covid-19 Balikpapan bekerja sama dengan Kantor Kesehatan Pelabuhan (KKP) benar-benar mewaspadai hal tersebut.

​​​​​​Kepala Kantor Kesehatan Pelabuhan (KKP) Kelas II A Samarinda Solihin mengkonfirmasi ada enam warga India kini menjalani perawatan di salah satu rumah sakit di Samarinda karena positif terpapar Covid-19.

Para anak buah kapal (ABK) India itu diketahui terpapar setelah satu ABK mengeluh sakit yang segera diperiksa oleh Tim KKP.

"Hasil swab positif dan segera kami tracing pada yang lain. Ternyata lima yang lain juga positif," kata Solihin.  (ny/Sumber: CNNIndonesia)