Stasiun Tanah Abang Membludak Penumpang KRL

  • Oleh : Fahmi

Sabtu, 01/Mei/2021 21:39 WIB
Calon penumpang KRL di Stasiun Tanah Abang membeludak siang tadi. (Foto: dok. istimewa) Calon penumpang KRL di Stasiun Tanah Abang membeludak siang tadi. (Foto: dok. istimewa)

JAKARTA (BeritaTrans.com) - Kepadatan penumpang di Stasiun Tanah Abang, Jakarta Pusat hari ini tak terhindarkan. 

Vice President Corporate Secretary PT Kereta Commuter Indonesia atau KAI Commuter Anne Purba menyatakan, keramaian di Stasiun Tanah Abang terjadi antara pukul 15.00-16.00 WIB. 

Baca Juga:
Senin Pagi, Calon Penumpang Antre Panjang di Stasiun Cikarang

Menurut dia, penumpang kereta rel listrik (KRL) musiman berbondong-bondong datang untuk menuju Pasar Tanah Abang. 

"Stasiun Tanah Abang sejak Sabtu siang ramai didatangi para pengguna KRL musiman yang hendak menuju ke Pasar Tanah Abang," kata dia dalam keterangan tertulisnya, Sabtu, (1/5/2021). 

Baca Juga:
Mulai Besok, KRL Tak Berhenti di Stasiun Tanah Abang Pukul 15.00-19.00 WIB

Dia mengutarakan kepadatan di Stasiun Tanah Abang berkaitan dengan aktivitas ekonomi masyarakat di kawasan Pasar Tanah Abang, Jakarta Pusat. 

Hari ini, tutur dia, Pasar Tanah Abang juga digeruduk pengunjung. Keramaian di pasar sudah terjadi sejak kemarin. 

Baca Juga:
Sore Jelang Berbuka, Stasiun Bekasi Timur Tetap Ramai

Sejumlah warganet mengunggah informasi kepadatan di Stasiun Tanah Abang hari ini sekitar pukul 16.00 WIB. Akun Instagram @jktinfo misalnya mengunggah kembali atau repost video warga yang memperlihatkan kepadatan penumpang menuju pintu masuk stasiun. 

Sekitar pukul 14.00 WIB, akun itu juga mengunggah banyaknya warga yang menyambangi Pasar Tanah Abang. 

Anne menuturkan, pihaknya mencatat jumlah pengguna KRL Jabodetabek dari Stasiun Tanah Abang hingga pukul 17.00 WIB hari ini mencapai 41.965 orang. 

"Jumlah ini meningkat 58 persen dibanding waktu yang sama pada Sabtu pekan lalu," ujar dia. 

Selain Tanah Abang, naiknya volume penumpang juga terjadi di stasiun Tangerang dan Cikarang dengan perbandingan waktu yang sama. KAI Commuter mencatat ada 8.614 orang dari Stasiun Tangerang atau meningkat 48 persen. Sementara di Stasiun Cikarang terdapat 7.716 orang atau naik 28 persen. 

"Secara keseluruhan jumlah pengguna KRL hingga pukul 17.00 WIB ini mencapai 297.206 pengguna atau naik 16 persen dibanding waktu yang sama pada Sabtu 24 April lalu," jelas dia terkait kepadatan di Stasiun Tanah Abang.(fh/sumber:Tempo)