WN China Boleh Masuk Indonesia, Sementara Warga Dilarang Mudik? Begini Jawaban Pemerintah

  • Oleh : Fahmi

Sabtu, 08/Mei/2021 05:52 WIB
Istimewa. Istimewa.

JAKARTA (BeritaTrans.com) - Pemerintah angkat suara soal kedatangan warga negara asing asal China yang masuk ke Indonesia, di tengah larangan mudik buat WNI sendiri. 

Direktur Jenderal Imigrasi Kemenkumham Jhoni Ginting menyatakan kedatangan WN China itu hanya untuk kepentingan bekerja di proyek strategis nasional. 

Baca Juga:
InJourney Airports Layani 7,4 Juta Penumpang selama Angkutan Lebaran

"Kedatangan para WNA ke Indonesia hanya diizinkan untuk tujuan esensial, seperti bekerja di proyek strategis nasional, objek vital, penyatuan keluarga, bantuan medis dan kemanusiaan, serta kru alat angkut," kata Jhoni di Jakarta, Jumat (7/5/2021). 

Hingga saat ini, larangan masih berlaku untuk WNA yang ingin berkunjung ke Tanah Air dengan tujuan wisata. Pemerintah juga telah menghentikan sementara pemberian bebas visa kunjungan serta visa on arrival (VoA) sejak awal Maret 2020 untuk mencegah lonjakan penyebaran Covid-19. 

Baca Juga:
InJourney Airports Layani 571 Ribu Penumpang pada Puncak Arus Balik Lebaran

Ia juga menegaskan bahwa seluruh WNA asal Cina yang masuk ke Indonesia melalui Bandara Soekarno-Hatta sudah memenuhi aturan keimigrasian dan aturan perjalanan internasional pada masa pandemi Covid-19. 

"Penanganan setiap WNA yang datang ke Indonesia telah mengikuti aturan Satuan Tugas Penanganan Covid-19," ujarnya.(fh/sumber:wartaekonomi)

Baca Juga:
Hadapi Arus Balik Libur Lebaran, 37 Bandara Angkasa Pura Indonesia Siap Layani 24 Jam