Gempa di Sumur Banten, Wisatawan Pantai Carita Langsung Bubar

  • Oleh : Redaksi

Minggu, 23/Mei/2021 20:55 WIB
Foto: ilustrasi Foto: ilustrasi

PANDEGLANG (BeritaTrans.com) – Gempa bumi terkini yang mengguncang wilayah Sumur, Kabupaten Pandeglang, Banten, Minggu (23/5/2021) membuat sejumlah wisatawan di objek wisata di Pantai Carits, langsung membubarkan diri. Mereka khawatir adanya gempa susulan yang lebih besar lagi.

 

Pengunjung Pantai Carita, Iqbal mengaku tahu ada gempa di Sumur, Banten dari informasi di media sosial. “Tahu gempa dari grup WA dan FB,” katanya. 

Meski demikian, sebagian pengunjung mengaku tidak merasakan ada getaran gempa. 

Seorang wisatawan, Eti mengaku tidak tahu ada gempa. “Tidak terasa ada gempa. Biasa saja,” ucapnya di Pantai Carita.

 

BMKG menyatakan, gempa dua kali berkekuatan Magnitudo 5,0 dan 5,4  yang terjadi di kawasan Kecamatan Sumur itu tidak menimbulkan tsunami. Belum ada laporan kerusakan bangunan akibat gempa tersebut.

Pusat gempa pada koordinat 6,59 LS dan 105,45 BT atau tepatnya berlokasi di laut pada jarak 17 km arah barat laut Sumur, Kabupaten Pandeglang pada kedalaman 10 km. 

Gempa tersebut merupakan jenis gempat bumi dangkal akibat aktivitas sesar lokal. hhasil analisis mekanisme sumber menunjukkan bahwa gempabumi memiliki mekanisme pergerakan sesar naik.

Data dari BMKG, guncangan gempabumi ini dirasakan di Klapanunggal, Sukabumi, Labuan, Munjul, Rangkasbitung, Banjarsari, Cileles, Cirinten, dan Bayah. 

Getaran dirasakan nyata dalam rumah terasa getaran seakan akan truk berlalu. hingga saat ini belum ada laporan dampak kerusakan yang ditimbulkan akibat gempabumi tersebut. Hasil pemodelan menunjukkan bahwa gempa bumi ini tidak berpotensi tsunami.

(lia/sumber:inews.id)