Indonesia Dukung Program ASEAN Terkait Kepelautan

  • Oleh : Naomy

Jum'at, 28/Mei/2021 17:08 WIB
Capt. Hermanta pimpin delegasi Indonesia di pertemuan ASEAN Capt. Hermanta pimpin delegasi Indonesia di pertemuan ASEAN

JAKARTA (BeritaTrans.com) – Sebagai anggota negara ASEAN, Indonesia kirim Delegasi Indonesia pada pertemuan Intersessional Discussion on Covid 19: Responses of ASEAN Member States to Seafarer’ Access to Crew Change, Repatriation, and National Vaccination Programmes virtual dengan Thailand sebagai tuan rumah.

Pertemuan yang dilaksanakan selama  dua hari (27 – 28 Mei 2021) diikuti oleh sembilan negara ASEAN, tiga dialogue partners (FASA, Korea Selatan, dan China), serta ASEAN dan IMO sebagai badan agensi khusus PBB.
 
Delegasi Indonesia yang diketuai oleh Direktur Perkapalan dan Kepelautan Ditjen Perhubungan Laut Kementerian Perhubungan, Capt. Hermanta menyampaikan, Indonesia siap mendukung program-program ASEAN dan PBB terkait isu pelaut.

Baca Juga:
Posko Angkutan Laut Lebaran 2024 Dimulai Hari ini

“Indonesia sepakat bahwa pelaut adalah pekerja kunci. Berawal dari Pernyataan Bersama pada pertemuan The International Maritime Virtual Summit on Crew Changes 9 Juli 2020, Indonesia mengakui pentingnya peran pelaut sebagai tulang punggung perekonomian,” ujar Hermanta, Jumat (28/5/2021).

Dia memaparkan, Indonesia telah memfasilitasi pergantian awak kapal dan repatriasi pemulangan pelaut sejak 24 April 2020. 

Baca Juga:
Ditjen Hubla Sosialisasi Prosedur Keselamatan dan Kesehatan Kerja

"Hingga saat ini, Indonesia telah memfasilitasi crew change sebanyak 6.563 pelaut, dan memfasilitasi pemulangan Pekerja Migran Indonesia sebanyak 57.142 orang," urainya. 

Pada kesempatan tersebut Indonesia juga memaparkan tentang program vaksinasi nasional bagi pelaut, termasuk berbagai regulasi nasional tentang vaksinasi Covid-19 mulai dari peraturan di tingkat Presiden dan Menteri hingga Petunjuk Teknis Keputusan Dirjen Perhubungan Laut.

Baca Juga:
Sorry yee! Motor Listrik Dilarang Ikut Mudik Gratis Naik Kapal Laut, Simak Alasannya

“Di Indonesia, vaksinasi pelaut menjadi perhatian khusus Kemenhub. Kami berkoordinasi dengan Kementerian Kesehatan dan Satgas Penanganan Coovid-19 dalam pelaksanaan vaksinasi untuk pelaut, termasuk program vaksinasi yang akan dilakukan dalam waktu dekat,” tuturnya.

Pelaksanaan vaksinasi pelaut sudah dimulai lebih awal di Bali di mana Gubernurnya mengimbau para pelaut Bali untuk mendaftar ke Pemerintah atau melalui serikat pelaut Indonesia secara gratis untuk dimasukkan ke dalam daftar vaksin prioritas dari total target sebanyak 15.000 pelaut pada akhir 2021.

Hingga 6 Mei 2021, sebanyak 8.123 vaksinasi telah diberikankan. Di mana total 1.487 orang sudah mendapatkan suntikan dosis kedua, sehingga pelaut yang mengikuti program pertama sudah divaksinasi lengkap. Program ini pun masih berjalan menyesuaikan kebutuhan para pelaut. 

Di level internasional, dalam Pertemuan ke-103 the Maritime Safety Committee, Indonesia mendukung draft Resolusi terhadap Rekomendasi untuk Mempriortiaskan Program Vaksinasi bagi Pelaut. 

“Untuk mempublikasikan pelaksanaan vaksinasi bagi pelaut di media sosial, Direktorat Jenderal Perhubungan Laut telah merumuskan Tagline Indonesian Heroes yang merupakan singkatan dari Indonesian Healthy and Ready Onboard Seafares, agar pelaksanaannya dapat tersosialisasi lebih luas kepada masyarakat,” pungkas Hermanta.

Turut hadir sebagai Delegasi Indonesia antara lain perwakilan Kementerian Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi, Kementerian Luar Negeri, serta dari Kemenhub. (omy)