Mulai Dibuka, Pelayanan Drive Thru Pembayaran Pajak Kendaraan Bermotor di Kantor Samsat Haurgeulis

  • Oleh : Taryani

Senin, 07/Jun/2021 19:34 WIB
Bupati Indramayu Hj. Nina Agustina saat menyerahkan helm kepada wajib pajak yang telah membayar pajak kendaraan bermotor di Samsat Haurgeulis, Indramayu, Jawa Barat, Senin (07/06/2021). (Taryani) Bupati Indramayu Hj. Nina Agustina saat menyerahkan helm kepada wajib pajak yang telah membayar pajak kendaraan bermotor di Samsat Haurgeulis, Indramayu, Jawa Barat, Senin (07/06/2021). (Taryani)

INDRAMAYU (BeritaTrans.com)  – Pelayanan cepat, mudah dan efektif tak hanya ada di salah satu restoran siap saji saja. Tapi di Samsat Haurgeulis, Indramayu, Jawa Barat pun saat ini sudah tersedia fasilitas pelayanan pembayaran pajak kendaraan bermotor melalui sistem Drive Thru.

“Kami menyambut baik dengan adanya program Samsat Drive Thru ini, kami berkomitmen untuk ada pendekatan pelayanan yang nantinya sangat terasa terhadap masyarakat sebagai wajib pajak,” jelas Kepala Bapenda Provinsi Jawa Barat,  Hening Widiatmoko saat menyaksikan peluncuran Inovasi Pelayanan Publik Samsat Drive Thru di Kantor Kecamatan Haurgeulis Indramayu, Senin (07/6/2021).

Hening menyebutkan, program Samsat Drive Thru memiliki konsep Informasi Teknologi (IT) yang sudah diterapkan dan kemudahan tentu menjadi harapan bagi masyarakat sebagai wajib pajak.

“Di masyarakat ada dua kelompok wajib pajak. Kelompok wajib pertama adalah yang sudah patuh membayar pajak. Dengan adanya Samsat Drive Thru ini secara langsung membantu mereka lebih mudah membayar pajak kendaraan bermotor dan lainnya,” ujarnya.

Sementara kelompok wajib pajak kedua adalah yang perlu disadarkan dan didorong, sehingga perlu disosialisasikan oleh Pemkab Indramayu melalui kolaborasi antara Camat dengan unsur Samsat, Kepolisian dan Jasa Raharja. 

Dikatakan, untuk meningkatkan kesadaran masyarakat membayar pajak telah dilakukan perjanjian kerjasama antara Bapenda Jawa Barat dan bupati atau walikota dalam sinergitas pemungutan Pajak Kendaraan Bermotor dan PBB serta program Inovasi Samsat Drive Thru yang menjadi bagian program Kapolri.

Bupati Indramayu Nina Agustina mengemukakan, sebagai bentuk kedekatan pelayanan publik, Bupati Indramayu Nina Agustina menyambut baik adanya Inovasi Pelayanan Publik Samsat Drive Thru di Kantor Kecamatan Haurgeulis, Kabupaten Indramayu, Jawa Barat,  Senin (07/6/2021).

Dalam sambutannya bupati mengatakan, pelayanan Drive Thru di Samsat Haurgeulis ini menjadi salah satu upaya penyelenggaraan pelayanan publik dalam memberikan kemudahan-kemudahan.

“Samsat Drive Thru mempunyai banyak kelebihan. Mulai segi efektivitas dan efisiensi waktu pelayanan, kemudahan pembayaran, akuntabilitas keuangan, transparansi biaya dan persyaratan serta jaminan kepastian pelayanan,” katanya.

Menurutnya, kedepan masyarakat tidak lagi beralasan malas membayar pajak. Karena dengan adanya Samsat Drive Thru masyarakat sebagai wajib pajak bisa langsung datang ke Samsat Haurgeulis membawa persyaratan menuju loket tersedia tanpa harus turun dari kendaraan.  

“Disamping itu keberadaan Samsat Drive Thru juga mampu menghilangkan tindak kecurangan, baik para calo atau lainnya. Sehingga sejalan dengan Visi Indramayu Bermartabat (Bersih, Religius, Maju, Adil, Makmur dan Hebat) dan Slogan Polri yaitu, Presisi (Prediktif, Responsibilitas, Transparan dan Berkeadilan),” tambahnya.

Kepala Pusat Pengelolaan Pendapatan Daerah (P3D) Wilayah Kabupaten Indramayu II Haurgeulis (Samsat Haurgeulis), Deni Handoyo mengharapkan, bagaimana pelayanan Samsat Drive Thru bisa dekat dengan masyarakat.

Salah satunya,  peran serta kepala desa melalui BUMDES, Koperasi dan Karangtaruna sesuai perjanjian kerjasama antara Bapenda Provinsi Jawa Barat dan Pemkab Indramayu.

“Jadi alhamdulillah target kami sudah 15 perjanjian MOU dan 9 kecamatan di Indramayu melalui peran serta kepala desa mengajak masyarakat untuk membayar pajak dengan mudah, cepat dan aman,” harapannya.

Pada kesempatan itu, Bupati Indramayu Hj. Nina Agustina secara simbolis menyerahkan helm gratis kepada masyarakat yang sudah membayar pajak kendaraan bermotor melalui Samsat Drive Thru.

Kegiatan itu diikuti pula Kepala Bapenda Prov Jawa Barat, Kepala P3D Samsat Haurgeulis, Kapolres Indramayu AKBP Hafidz Herlambang dan Dandim 0616 Indramayu. (Taryani)