Ada Kemajuan, Kemenhub Tambah Trayek Angkutan Tol Laut Tujuan Papua dan Papua Barat

  • Oleh : Fahmi

Kamis, 10/Jun/2021 18:53 WIB
Kapal logistik.(Ist) Kapal logistik.(Ist)

JAKARTA (BeritaTrans.com) - Menteri Perhubungan (Menhub) Budi Karya Sumadi menilai, angkutan tol laut saat ini mengalami peningkatan dibandingkan pada awal kehadirannya. 

Menurutnya, saat ini peningkatan angkutan tol laut terlihat dari sejumlah trayek, muatan hingga kapasitas angkutan yang sudah mulai diperbanyak. 

Baca Juga:
Sorry yee! Motor Listrik Dilarang Ikut Mudik Gratis Naik Kapal Laut, Simak Alasannya

"Saat ini sudah ada 30 trayek angkutan tol laut yang berlayar untuk membawa logistik ke bagian timur Indonesia," ucap Budi dalam webinar, Kamis (10/6/2021). 

Angkutan tol laut ini, lanjut Budi, diselenggarakan agar kesejahteraan masyarakat Indonesia merata melalui kesamaan harga bahan pokok di Jawa dan bagian timur Indonesia. 

Baca Juga:
Persiapan Angleb, Pelni Tingkatkan Fasilitas Kapal dan Dorong Pemudik Pesan Tiket di Aplikasi

"Maka dari itu, nantinya trayek angkutan tol lau akan diperbanyak untuk mengakomodir kebutuhan di wilayah timur Indonesia," ucap Budi. 

Kementerian Perhubungan akan menambah trayek angkutan tol laut yaitu T19 yang melayani pelayaran di wilayah Papua dan Papua Barat. 

Baca Juga:
Pelni Pastikan 56 Kapal Layak Laut dan Operasi di Angleb 2024

"Trayek ini akan melayani pengiriman beras dari Merauke ke wilayah Papua lainnya. Sehingga kebutuhan pokok dapat terpenuhi dan harga juga menjadi tidak jauh berbeda dengan di Pulau Jawa," ucap Budi. (fh/sumber:tribunnews)