Di Antara Kesibukan Stasiun Manggarai, Kereta Pengukur Jalan Rel Melintas

  • Oleh : Fahmi

Selasa, 15/Jun/2021 18:15 WIB


JAKARTA (BeritaTrans.com) - Selasa (15/6/2021) siang Stasiun Manggarai terlihat penuh penumpang, ada Kereta Pengukur Jalan Rel, serta ibu yang ditolong oleh petugas untuk mengangkat barang belanjaan. 

Siang ini Kereta pengukur jalan rel melintas di antara kesebukan di Stasiun Manggarai. 

Baca Juga:
KAI Commuter Prediksi 900 Ribu Lebih Penumpang KRL Jabodetabek di Hari Pertama Kerja Usai Libur Lebaran

Jarang sekali melihat salah satu jenis kereta khusus ini. Kereta dengan sebutan penggaris bagi kereta ukur jalan rel yang digunakan untuk melakukan pengukuran jalan rel kereta api dan jaringan listrik aliran atas. 

Dilihat oleh BeritaTrans.com dan Aksi.id Kereta ukur jalan rel atau KUJR berhenti di stasiun transit tersibuk tersebut.

Baca Juga:
Stasiun Integrasi KRL dengan KA Lokal, KAJJ, LRT hingga KA Bandara Terjadi Peningkatan Penumpang, KAI Commuter: Memudahkan Perjalanan Mudik Masyarakat

Kendaraan inspeksi dan pengukuran rel yang berjalan untuk menguji beberapa parameter pengukuran pada lintasan tanpa mengganggu operasional kereta reguler. 

Kenapa kereta KUJR ini melintas, ini dikarenakan ada penambahan jalur di sepanjang ruas Manggarai sampai menuju ke arah Cikarang. 

Baca Juga:
Volume Penumpang KRL di Stasiun Integrasi Meningkat Jelang Berakhirnya Libur Lebaran

Dan KUJR tersebut yang mengukur jauh atau proporsi pada rel, supaya tidak terjadi kesalahan pada saat digunakan oleh KRL lain yang melintas. 

Di tengah ada aktivitas pengukuran rel, Stasiun Manggarai juga tampak masih disibukka oleh penumpang KRL. Baik yang transit atau naik dan mengakhiri perjalanan di stasiun tersebut. 

Banyak orang menyeberangi jalur perlintasan untuk berpindah peron. Terlihat seorang ibu yang dibantu oleh petugas untuk menyeberangi rel. 

"Saya tidak kuat untuk membawa barang belanjaan tersebut, maka dari itu saya meminta bantuan kepada petugas stasiun yang berjaga untuk membantu saya membawa barang belanjaan tersebut" ujar ibu Momo kepada BeritaTrans.com.(bagas)