Dorong Tol Laut, Kapal Ternak di NTB Bisa Angkut 500 Sapi Sekali Jalan

  • Oleh : Redaksi

Selasa, 22/Jun/2021 20:51 WIB
Foto:istimewa/fb@suarapelaut Foto:istimewa/fb@suarapelaut

JAKARTA (BeritaTrans.com)  - Kementerian Perhubungan (Kemenhub) melalui Direktorat Jenderal Perhubungan Laut menyediakan kapal ternak di Pelabuhan Calabai, Nusa Tenggara Barat (NTB). Ini sebagai upaya untuk mengoptimalkan pemanfaatan program tol laut.

Kapal ternak yang dapat dimanfaatkan oleh masyarakat Kabupaten Dompu dan sekitarnya itu, disebut bisa mengangkut sebanyak 500 ekor sapi untuk satu kali perjalanan. Kabupaten Dompu sendiri berada di bagian tengah Pulau Sumbawa, NTB.

Baca Juga:
Pelayaran Perdana Kapal Ternak KM. Camara Nusantara 4, Angkut 550 Sapi ke Banjarmasin dari Kupang

Kepala Kantor Unit Penyelenggara Pelabuhan (UPP) Kelas III Calabai, Hani Mamengko mengatakan, angkutan khusus ternak tersebut merupakan bentuk optimalisasi konektivitas tol laut dan mendorong swasembada daging sapi di Kabupaten Dompu.

Ia pun berharap pemerintah daerah (pemda) setempat dan stakeholder terkait lainnya dapat memanfaatkan kapal ternak tersebut.

Baca Juga:
Pelayaran Perdana Kapal Tol Laut 2024 dari Surabaya Angkut Bapokting 115 Teus

"Kami menyambut peluang pengiriman hewan ternak sapi melalui jadwal rutin kapal Tol Laut melalui Pelabuhan Calabai," kata Hani dalam keterangan tertulisnya, Selasa (22/6/2021).

Seperti diketahui, untuk mendukung program tol laut, pemerintah memang memberikan subsidi tarif sebesar 50 persen bagi kapal tol laut dengan muatan balik.

Baca Juga:
Kapal Tol Laut dan Djakarta Lloyd Distribusikan 7.800 Ton Semen ke Pulau Terpencil

Di sisi lain, lanjut Hani, dengan adanya kapal ternak itu diharapkan kualitas daging yang berasal dari daerah asal menjadi meningkat dan lebih baik lagi ketika sampai di daerah tujuan.

Hani berharap, selain sapi, nantinya penggunaan kapal tol laut ini bisa dimanfaatkan pula untuk distribusi komoditas lain, dari suatu daerah ke daerah lainnya.

Sementara itu, Bupati Dompu Kader Jaelani mengatakan, sesuai penugasan Kemenhub, kapal pengangkut ini mampu membawa hingga 500 sapi dalam satu kali perjalanan.

“Jadi mari manfaatkan semaksimal mungkin laut ini untuk tidak hanya mengirim sapi hidup tetapi juga dalam bentuk daging, maka keuntungan akan lebih banyak,” ujarnya.

Kepala Dinas Peternakan dan Kesehatan Hewan Provinsi NTB, Khaerul Ihwan menambahkan, diharapkan adanya tol laut tersebut mampu dimanfaatkan secara maksimal guna meningkatkan pendapatan masyarakat dan daerah.

“Mudah-mudahan ini akan bermanfaat bagi kita dalam mewujudkan perekonomian di Kabupaten Dompu,” tutupnya.(amt/sumber:kompas.com)