Zhang Ziyu, Gadis 14 Tahun Tingginya 2 Meter Lebih, Saingi Legenda Basket China Yao Ming

  • Oleh : Dirham

Senin, 19/Jul/2021 10:38 WIB
Zhang Ziyu, gadis 14 tahun yang memiliki tinggi 2,26 meter. Zhang Ziyu, gadis 14 tahun yang memiliki tinggi 2,26 meter.

BEIJING (BeritaTrans.com) - Seorang gadis bernama Zhang Ziyu sedang viral di internet. Ziyu yang merupakan atlet basket putri China, diketahui masih berusia 14 tahun, dan memiliki tinggi 2,26 meter. Tinggi badan ini menyaingi legenda basket NBA, Yao Ming.

Aksi Ziyu yang bermain basket di final Kejuaraan Bola Basket Wanita U-15 China mendapat pujian dari netizen.

Dalam video pertandingan yang viral itu, dia terlihat menjulang tinggi di atas pemain lain.

Memiliki tinggi di atas rata-rata membantu Ziyu menjadi pemain kunci bagi timnya. Tercatat dalam partai final tersebut, ia mengantongi 42 poin, 25 rebound, dan memblok enam tembakan, alhasil membantu timnya meraih gelar juara.

Ziyu yang berasal dari provinsi Shandong, China, mewarisi gen tinggi dan kemampuan olahraga dari keluarganya. Ibunya, Yu Ying, adalah pensiunan pemain bola basket profesional. Bahkan, Ying juga bermain untuk tim nasional China.

Tetapi soal tinggi, kedua orang tuanya lebih pendek dibanding Ziyu. Ayah dan ibunya masing-masing memiliki tinggi 2,13 meter dan 1,98 meter, menurut laporan South China Morning Post.

Sejak kecil pertumbuhan Ziyu memang terlihat sangat menonjol dibanding usia anak lainnya. Ketika usia 6 tahun, tinggi Ziyu sudah mencapai 1,5 meter. Kemudian, menginjak usia 11 tahun, tingginya 2,1 meter.

Ziyu sering dikaitkan dengan legenda basket China, Yao Ming, yang memiliki tinggi 2,29 meter. Ziyu kini lebih tinggi dari semua pemain profesional di tim bola basket nasional China yang berkisar dari 1,85 meter hingga 2,16 meter.

Alhasil, Ziyu mendapat julukan "Yao Ming wanita" dan diharapkan memimpin tim bola basket wanita China suatu hari nanti. Tinggi Ziyu juga diperkirakan akan terus bertambah.

Menurut Healthline, anak perempuan biasanya berhenti tumbuh dan mencapai tinggi dewasa pada usia 14 atau 16 tahun, atau beberapa tahun setelah menstruasi dimulai. Perempuan biasanya mulai memasuki masa pubertas pada usia 8-13 tahun dan mengalami puncak pertumbuhan pada usia 10-14 tahun. (ds/sumber Kumparan.com)