Ratusan Warga Antusias Vaksin Covid-19 di Stasiun Duri

  • Oleh : Fahmi

Minggu, 25/Jul/2021 12:32 WIB
Antrean peserta vaksinasi di Stasiun Duri, Jakarta Barat, Ahad (25/7/2021). Antrean peserta vaksinasi di Stasiun Duri, Jakarta Barat, Ahad (25/7/2021).

JAKARTA (BeritaTrans.com) - Sebanyak 350 warga mendapatkan vaksinasi Covid-19 di Stasiun Duri yang diselenggarakan Pemerintah Daerah DKI, Ahad (25/7/2021). 

Gelaran vaksin gratis ini merupakan kerjasama KAI Commuter dengan Puskesmas Tambora dan Kelurahan Duri Utara ini untuk membangkutkan imun dan mencegah penularan Covid-19 di DKI Jakarta. 

Baca Juga:
Volume Penumpang KRL Meningkat di Bulan November

"Ini kerjasama yang sangat baik, mendukung herd immunity yang lebih cepat," kata VP Corporate Secretary KAI Commuter Anne Purba di lokasi, Ahad (25/7/2021). 

Dijelaskan Anne, orang yang ada di stasiun itu adalah orang yang produktif yang mayoritasnya pekerja. Kerjasama ini juga diharapkan untuk mendukung perokonomian Indonesia. 

Baca Juga:
Kereta Sempat Anjlok, KCI Tetap Operasikan 1.005 Perjalanan KRL Per Hari

Vaksin ini menyasar kepada masyarakat luas, baik pengguna KRL dan khususnya warga Duri Utara, Kecamatan Tambora. 

Baca Juga:
KRL Anjlok di Dekat Stasiun Sudimara, Perjalanan Terganggu, Ini Kata KCI

"Kami dari KAI Commuter sangat mengapresiasi kepada pemerintah, hal ini kita berkolabrasi bersama Puskesmas Tambora dan kita melaksanakan ada 350 vaksinasi untuk pengguna jasa commiterline, kemudian untuk warga sekitar juga," ujar Anne. 

Pantauan BeritaTrans.com dan Aksi.id barisan antrean warga yang hendak divaksin terjadi di halaman depan stasiun. Mereka menunggu panggilan dari pantia sesuai nomor urutan pendaftaran. 

Petugas Stasiun dan dari Kelurahan Duri Utara tampak berjaga dan mengatur barisan antrean peserta vaksin. Secara bergiliran berurut peserta dipanggil untuk dilakukan penyuntikan. 

Penyuntikan vaksin dilakukan di dalam stasiun, peserta dapat langsung mendapatkan falidasi data untuk dapat sertifikat secara online yang dikirim melalui SMS. 

Vaksin ini menggunakan jenis Sinovac. Petugas kesehatan yang bertugas dari Puskesmas Tambora. 

Terlihat banyak antusias warga, hingga nomor antrean pada pukul 10.00 sudah habis. Peserta juga tampak dari beberapa petugas stasiun. 

Dipilihnya Stasiun Duri, menurut Kepala Puskesmas Tambora, Kristiani Dwi H, lokasi ini merupakan suatu titik sentra yang terkoneksi dengan daerah yang akan menuju ke stasiun. 

"Harapan kami 17 Agustus ini kejar target, selanjutnya kita akan evaluasi lagi," kata Kristiani. 

Kristini menyebutkan nantinya akan evaluasi pelaksaan di Stasiun ini untuk melakukan vaksin dosis ke dua. 

Sebelumya setiap harinya Kelurahan Duri Utara menyediakan vaksin untuk sebanyak 210 peserta di Kantor Kelurahan. 

Tidak hanya di Stasiun, gelaran vaksin hari ini juga tersedia di RPTRA Kalijodo dan Season City. 

Stasiun Duri masih melayani naik turun penumpang KRL, terdapat beberapa orang yang hendak naik KRL dan terdapat juga warga yang mengantre serta keluarga pendamping peserta vaksin.(fahmi)