Layanan Vaksin di Stasiun Angke Sepi Peminat

  • Oleh : Fahmi

Selasa, 27/Jul/2021 13:20 WIB
Pelayanan vaksin covid-19 di Stasiun Angke, Jakarta Barat, Selasa (27/7/2021). Pelayanan vaksin covid-19 di Stasiun Angke, Jakarta Barat, Selasa (27/7/2021).

JAKARTA (BeritaTrans.com) - Layanan vaksin covid-19 hari pertama di Stasiun Angke, Jakarta Barat pada Selasa (27/7/2021) sepi peminat. 

Sebagai upaya mensukseskan program vaksinasi nasional, KAI Commuter menambah lagi satu stasiun yang dijadikan gelaran program percepatan vaksinasi, layanan ini juga merupakan kerjasama dengan Puskesmas Tambora, Jakarta Barat. 

Baca Juga:
Stok Vaksin di Stasiun Menipis, KAI Daop Jakarta Imbau Penumpang KA Cari Sentra Vaksin Selain Gambir dan Pasar Senen

Dari data petugas hingga pukul 11.00 hanya ada 40 peserta yang sudah divaksin, dari kuota yang tersedia yaitu sebanyak untuk 200 orang. 

Pantauan BeritaTrans.com dan Aksi.id layanan yang terletak di lantai atas bangunan Stasiun ini terdapat banyak kursi kosong tampak yang tersusun rapi. Tempat itu disediakan untuk orang-orang yang akan melakukan vaksinasi. 

Baca Juga:
Ada Perbaikan Jalur di Manggarai, Beberapa Perjalanan KRL Alami Pembatalan Khusus Selasa Malam, Ini Jadwalnya!

Bagian kursi tunggu maupun kursi observasi dan untuk menunggu hasil sertifikat pun hanya ada petugas yang penjaga. Terlihat hanya ada beberapa masyarakat yang akan melakukan vaksin. 

Dari beberapa orang yang melakukan vaksin terdapat juga orang yang tidak dapat dosis vaksin karena ada kendala kesehatan, seperti tensi darahnya tinggi. 

Baca Juga:
KRL Mati Listrik di Kelender, Perjalanan Tertahan

Menurut petugas hingga pagi, peserta vaksin lebih banyak dari kalangan petugas KAI Commuter yang belum melakukan vaksinasi dibandingkan dengan masyarakat sekitar. 

Stasiun yang terletak di area padat penduduk dan langsung berhadapan dengan salah satu pasar tradisional yang penuh aktivitas tidak membuat layanan ini juga diramaikan oleh masyarakat. 

Tukang ojek yang mangkal di depan stasiun tersebut yang ditanyai BeritaTrans.com dan Aksi.id juga enggan melakukan vaksinasi, "Males ah vaksin," ujarnya. 

Dikatakan petugas, layanan ini sudah diberikan sosialisasi dan ajakan secara langsung kepada masyarakat yang beraltivitas di area stasiun. Sudah juga dipasang spanduk pemberitahuan. 

Layanan tersebut akan tersedia hingga pukul 15.00. KRL di stasiun ini tetap beroperasional normal melayani penumpang naik dan turun. 

Sebelumnya dijelakan oleh VP Corporate Secretary KAI Commuter Anne Purba pada keterangan resminya, pengguna KRL maupun masyarakat yang hendak mengikuti vaksin cukup menyiapkan KTP DKI Jakarta atau bila penduduk selain DKI dapat menunjukkan surat ketetangan domisili atau surat keterangan kerja. 

Nantinya, calon peserta kemudian mengisi formulir pendaftaran dan selanjutnya akan dilakukan screening oleh petugas puskesmas. 

Sebelumnya lada hari Senin (26/7/2021) kemarin pelaksanaan vaksin yang diadakan di Stasiun Duri yang berlangsung mulai pukul 08.00-13.00, ada sebanyak 700 vaksin dosis pertama berhasil disuntikkan kepada pengguna KRL dan masyarakat umum sekitar stasiun yang sudah mendaftar. 

"Kolaborasi serupa juga akan dilanjutkan dengan puskesmas lainnya di beberapa wilayah sekitar stasiun secara bertahap dalam waktu dekat," kata Anne beberapa waktu lalu. 

Dengan perluasan vaksinasi di Stasiun secara bertahap dalam beberapa pekan ini, KAI Commuter hendak meningkatkan perlindungan kepada pengguna KRL maupun para stakeholder termasuk masyarakat yang beraktivitas di sekitar stasiun. (Fahmi)