Layanan Vaksinasi Covid-19 di Stasiun JakartaKota Sepi Peminat

  • Oleh : Fahmi

Rabu, 28/Jul/2021 11:24 WIB
Ruang keberangkatan Kereta Api Jarak Jauh di Stasiun JakartaKota dialihfungsikan sebagai gelaran vaksin Covid-19 bagi warga dan penumpang KRL, Rabu (28/7/2021). Ruang keberangkatan Kereta Api Jarak Jauh di Stasiun JakartaKota dialihfungsikan sebagai gelaran vaksin Covid-19 bagi warga dan penumpang KRL, Rabu (28/7/2021).

JAKARTA (BeritaTrans.com) - Suasana vaksinasi Covid-19 di Stasiun JakartaKota tampak sepi peminat , pada gelaran hari pertama, Rabu (28/7/2021). 

Hari ini stasiun JakartaKota sediakan layanan vaksinasi Covid-19 bagi masyarakat umum dan juga pengguna KRL hingga Jumat (30/7/2021). 

Baca Juga:
Ini Respons KAI Soal KA Argo Parahyangan Bakal Ditutup Usai Kereta Cepat Beroperasi

Adapun jumlah yang disediakan yaitu untuk sebanyak 300 peserta setiap harinya hingga pukul 14.00. 

Pantauan BeritaTrans.com dan Aksi.id gelaran vaksin ini yang diselanggarakan di ruang keberangkatan penumpang Kereta Api Jarak Jauh yang saat ini dialihfungsikan sementara. 

Baca Juga:
Okupansi Kereta Api Batara Kresna Masih Belum Memuaskan, Prasarana Bakal Ditingkatkan

Peserta vaksin dari awal masuk area vaksin langsung disambut pakai red carpet atau karpet merah yang membuat suasana tampak mewah. 

Baca Juga:
KAI Promosikan KA Batara Kresna: Solusi Transportasi Anti Macet dan Murah

Terlihat barisan kursi berjajar rapi untuk ruang tunggu vaksin di teras stasiun banyak masih tidak ditempati. 

Suasana layanan tampak sepi. Peserta juga harus satu persatu untuk mendaftarkan diri di pengisian formulir. 

Ruang tunggu screaning di area keberangkatan KA yang luas tersebut hanya terdapat beberapa orang peserta vaksin. 

Terlihat peserta selain masyarakat, juga tampak petugas KAI Commuter yang belum mendapatkan vaksin yang akan melakukan screaning. 

Hingga Pukul 10.30 jumlah peserta yang sudah dilakukan pendaftaran ada sebanyak sekitar 80 orang. 

Menurut petugas ditempat, pada pagi pukul 8.00 sempat terjadi antrean. Hal itu dikarenakan warga yang berdatang secara bersama atau rombongan.

Selanjutnya peserta melakukan uji screaning kesehatan untuk kemudian dilakukan penyuntikan vaksin. Tak menunggu lama peserta yang menunggu sambil dilakukan observasi juga segera mendapatkan sertifikat vaksin. 

Peserta yang sudah melakukan vaksin dan yang baru mendaftarkan diri untuk vaksin dapat melebur untuk meninggalkan gelaran vaksin tersebut. 

Sebagai informasi, saat ini layanan vaksin di Stasiun JakartaKota hanya untuk peserta yang akan menerima dosis tahap pertama. 

Vaksinasi di stasiun ini merupakan upaya kolaborasi KAI Daop 1 Jakarta, KAI Commuterline dan Pemda DKI untuk mempercepat proses vaksinasi bagi masyarakat sebagai upaya menghambat penyebaran Covid-19. 

Sebelumnya juga diberitakan, masyarakat dapat memilih alternatif lokasi vaksin di sejumlah stasiun dan dapat mulai mendaftarkan diri di situs web KAI Commuter. 

Peserta vaksin adalah para pengguna KRL Commuter Line dan masyarakat yang beraktivitas ataupun tinggal di sekitar stasiun. 

Khusus untuk pengguna KRL yang melakukan perjalanan guna mengikuti vaksinasi tersebut dapat melakukan pendaftaran melalui situs resmi KAI Commuter https://vaksinasi.krl.co.id. 

Dengan mengikuti pendaftaran tersebut, pengguna akan mendapatkan bukti pendaftaran yang dapat dicetak dan digunakan sebagai dokumen syarat perjalanan menggunakan KRL. 

Bukti pendaftaran ini merupakan tanda bahwa calon peserta telah mendapatkan kuota untuk mengikuti vaksin. Kepastian pendaftar dapat mengikuti vaksin atau tidak akan diproses oleh petugas dari fasilitas kesehatan di lokasi dalam proses registrasi dan pemeriksaan kondisi kesehatan. (fahmi)