Kapal Induk AS Kawal Kapal Tanker Israel yang Diserang di Teluk Oman

  • Oleh : Redaksi

Sabtu, 31/Jul/2021 19:11 WIB


DOHA (BeritaTrans.com)  - Kapal induk USS Ronald Reagan dan kapal Amerika Serikat (AS) lainnya saat ini sedang mengawal kapal tanker yang dikelola perusahaan Israel.

Kapal tanker Mercer Street milik Jepang tapi dikelola perusahaan pelayaran Israel telah diserang di lepas pantai Oman pada Kamis malam. Dua awak kapal tewas dalam serangan tersebut.


USS Ronald Reagan baru-baru ini dikirim ke Timur Tengah untuk membantu melindungi pasukan Amerika yang ditarik dari Afghanistan.

Seorang pejabat Pentagon kepada Al Arabiya, Sabtu (31/7/2021) mengatakan personel Angkatan Laut AS kini berada di atas kapal Mercer Street.

Menurut pejabat tersebut, anggota dari Armada ke-5 Angkatan Laut AS menanggapi panggilan darurat dari sebuah kapal di perairan internasional pada hari sebelumnya setelah diserang.


Menteri Luar Negeri Israel Yair Lapid menyalahkan Iran atas insiden mematikan itu. Dia mengaku telah memberi tahu menteri luar negeri Inggris tentang perlunya tanggapan keras terhadap insiden tersebut.

“Iran bukan hanya masalah Israel, tetapi pengekspor terorisme, perusakan, dan ketidakstabilan yang merugikan kita semua. Dunia tidak boleh diam menghadapi terorisme Iran yang juga merugikan kebebasan pelayaran,” kata Lapid dalam sebuah pernyataan seperti dikutip Al Jazeera, Sabtu (31/7/2021).

Tidak ada reaksi resmi langsung dari Iran terhadap tuduhan bahwa Teheran diduga berada di balik serangan terhadap kapal

Sebelumnya, perusahaan pelayaran Zodiac Maritime milik pengusaha Israel Eyal Ofer mengatakan kapal M/T Mercer Street diserang di Samudra Hindia Utara pada Kamis malam.

Baca Juga:
Balas Israel, Militan Houthi Serang Kapal AS dan Inggris


Dua pelaut tewas dalam serangan tersebut. Menurut Zodiac Maritime, kewarganegaraan dua pelaut yang tewas dalam serangan itu adalah Rumania dan Inggris. Perusahaan tidak mengetahui adanya korban cedera lainnya.

Kapal itu, sebuah kapal tanker produk milik Jepang bernama M/T Mercer Street diserang saat berlayar dari Dar es Salaam, Tanzania ke Fujairah, Uni Emirat Arab (UEA). "Tidak ada kargo di dalamnya," kata Zodiac Maritime dalam sebuah penyataan.

"Kami berkoordinasi dan bekerja sama dengan UKMTO (Operasi Perdagangan Maritim Inggris) dan otoritas terkait lainnya," kata Zodiac Maritime.

Namun, UKMTO mengeluarkan peringatan yang mengategorikan insiden tersebut sebagai serangan "non-pembajakan". Sumber informasi UKMTO adalah pihak ketiga, dan informasi tersebut belum diverifikasi.

"Pelaut disarankan untuk sangat berhati-hati saat transit di area ini," bunyi peringatan UKMTO.

Meskipun kapal tersebut dimiliki oleh perusahaan Jepang, dan Zodiac Maritime yang berbasis di Monaco serta Zodiac Maritime Office yang berbasis di Inggris mengelola kapal tersebut. Ketua dan manajer Zodiac Maritime adalah pengusaha dan filantropis Israel Eyal Ofer.

Serangan itu awalnya diumumkan oleh Kementerian Pertahanan Inggris dan dilaporkan oleh Associated Press. Kementerian Pertahanan Inggris tidak memberikan rincian lebih lanjut, selain insiden itu terjadi Kamis malam di dekat pulau Masirah 300 km dari Ibu Kota Oman; Muscat, dan sedang diselidiki.

(lia/sumber:sindonews.com)

Baca Juga:
Bakamla RI Wujudkan Penguatan Keamanan Laut Dalam Rapim 2024