XL Axiata Akuisisi Link Net, Pemilik Jaringan Internet dan TV Kabel First Media

  • Oleh : Redaksi

Minggu, 01/Agu/2021 10:31 WIB


Jakarta (BeritaTrans.com) - XL Axiata akhirnya resmi bakal mengakuisisi Link Net, perusahaan pemilik merek First Media yang mempunyai layanan jaringan internet dan TV kabel di Indonesia. Akuisis ini akan membuat XL Axiata dan perusahaan induknya, Axiata Group, akan menjadi pengendali baru Link Net.

Berdasarkan keterbukaan informasi di Bursa Efek Indonesia (BEI), XL Axiata akan mengambil alih sekitar 1.816.735.484 (66,03 persen) saham Link Net dari pemegang saham sebelumnya melalui perjanjian jual beli (PJB).

Tidak disebutkan berapa harga per saham yang akan dibeli oleh XL Axiata, tetapi dengan asumsi harga saham Link Net (LINK) pada penutupan Jumat (30/7) di Rp 4.600/saham, maka pembelian berpotensi bisa mencapai lebih dari Rp 8 triliun.

Sekretaris Perusahaan XL Axiata, Ranty Astari Rachman menjelaskan, aksi korporasi ini bertujuan untuk pengembangan usaha perusahaan ke depan di industri jasa telekomunikasi. XL Axiata akan senantiasa memperhatikan dan memenuhi ketentuan berlaku dalam melaksanakan rencana pengambilalihan Link Net, termasuk ketentuan di pasar modal.

"Tujuan rencana pengambilalihan adalah untuk pengembangan usaha dan memperluas jaringan usaha, serta memperkuat bisnis XL dan Axiata di bidang penyediaan jasa telekomunikasi kepada pada pelanggan," kata Ranty dalam keterangan resminya.

Link Net sendiri sudah berdiri sejak tahun 1996. Di bawah nama merek komersial "First Media," Link Net mengembangkan perusahaannya menjadi penyedia terbesar di layanan internet broadband, TV berbayar dan komunikasi data di Indonesia.

Link Net juga menyediakan solusi konektivitas lengkap untuk pasar perusahaan dengan merek "First Media Business". Ini akan memastikan bahwa setiap bisnis dapat memiliki konektivitas serbaguna dan solusi teknologi canggih untuk memaksimalkan kinerja bisnis mereka.

Sementara, saat ini XL Axiata memiliki lebih dari 56 juta pelanggan, termasuk Axis. Jaringan infrastruktur XL Axiata telah tersebar hingga pelosok Indonesia, dengan lebih dari 147.000 BTS termasuk lebih dari 57.000 BTS 4G. Layanan 4G XL Axiata sudah hadir di 458 kota/kabupaten di hampir semua provinsi.

(lia/sumber:kumparan.com)