Terbang dari Bandara Halim Perdanakusuma, Kudu Unduh Aplikasi PeduliLindungi ya, Guys

  • Oleh : Redaksi

Senin, 02/Agu/2021 21:21 WIB
Bandara Halim Perdanakusuma. Bandara Halim Perdanakusuma.

JAKARTA (BeritaTrans.com) - Terbang dari Bandara Halim Perdanakusumah, Jakarta, jangan lupa kudu unduh aplikasi pedulilindungi dulu ya, guys.

Baca Juga:
Lewat Program APEX in Safety, ACI dan Bandara Soekarno-Hatta Tingkatkan Standar Keselamatan

Ya, sejak kemarin (1/8/2021) PT Angkasa Pura II pengelola 20 Bandara di Tanah Air mulai mewajibkan penumpangnya untuk gunakan aplikasi aplikasi PeduliLindungi untuk memproses keberangkatan penerbangan.

"Caranya simpel banget, tinggal unduh dari playstore aplikasinya dan sebentar saja sudah siap aplikasinya," ujar Executif General Manager (EGM) Bandara Halim Perdanakusuma Marsma TNI Nandang Sukarna di Jakarta, Senin (2/8/2021).

Baca Juga:
Bandara Radin Inten II Pastikan Kesiapan Pelayanan dan Fasilitas untuk Penerbangan Haji 2024

Dengan memiliki aplikasi PeduliLindungi, maka makin mengurangi kontak fisik antara penumpang dan petugas di Bandara. Hal itu karena sudah digantikan dengan model digital yang simpel, mudah, dan cepat.

"Aplikasi PeduliLindungi ini, berfungsi sebagai Terminal Access Control, Check-in Counter Access Control, dan Health Validation Process Control," ungkapnya.

Baca Juga:
Bandara Angkasa Pura II Mulai Layani Keberangkatan Calon Jemaah Haji

Marsma TNI Nandang menyampaikan, cara yang mudah dan cepat ini sesuai dengan cita-cita Angkasa Pura II yang mengedepankan layanan dengan digitalisasi.

Calon penumpang pesawat cukup menunjukkan QR Code yang ada di aplikasi PeduliLindungi di konter check-in.

"Setelah itu, akan ada notifikasi kepada petugas check-in, apakah calon penumpang sudah memenuhi persyaratan dokumen kesehatan atau belum," ujar dia.

Dengan begitu, penumpang tak perlu lagi membawa dokumen kertas saat akan berangkat terbang melalui Bandara Halim Perdana Kusuma ini.

Adapun fungsi Scan QR-Code untuk validasi dokumen, jika hasilnya: Layak Terbang: penumpang langsung ke Meja Check-in untuk mendapatkan boarding pass. 

Tidak Layak Terbang: Penumpang ke Meja KKP untuk validasi dokumen secara manual.

Hasil pemeriksaan PCR ataupun Rapid Antigen ini akan terdeteksi di aplikasi PeduliLingungi pastinya di laboratorium fasilitas pelayanan kesehatan milik pemerintah, pemerintah Daerah, dan masyarakat/swasta yang telah terverifikasi sebagai Laboratorium Fasyankes terintegrasi dengan PeduliLindungi   (Link pengecekan Fasyankes yang telah terintegrasi dengan PeduliLindungi: https://www.litbang.kemkes.go.id/laboratorium-pemeriksa-covid-19/).

Setiap calon penumpang pesawat yang telah melakukan vaksinasi Covid-19 juga otomatis akan langsung mendapat kartu vaksinasi digital di akun PeduliLindungi. 

Menyusul kewajiban penggunaan PeduliLindungi, bandara AP II membuat titik check point yang menyediakan QR Code Reader untuk memindai QR Code PeduliLindungi calon penumpang. 

"Gampang dan Enggak ngerepotin, kan? Yuk lengkapi ketentuan terbangmu dengan aplikasi PeduliLindungi," tutup Nandang.