Menelepon dari Telepon Umum Tak Lagi Harus Membayar ke Nomor Manapun di Australia

  • Oleh : Redaksi

Minggu, 08/Agu/2021 22:58 WIB
Telstra sebelumnya telah membuat 15.000 telepon umum gratis untuk digunakan pada Natal dan Tahun Baru.(ABC Western Queensland: Blythe Moore) Telstra sebelumnya telah membuat 15.000 telepon umum gratis untuk digunakan pada Natal dan Tahun Baru.(ABC Western Queensland: Blythe Moore)

Jakarta (BeritaTrans.com) -;Generasi mendatang di Australia mungkin tidak akan pernah lagi merasakan serunya melakukan panggilan balik berbayar atau collect call ke orangtua mereka setelah Telstra membuat 15.000 telepon umum gratis.

  • Operator telepon Telstra mengatakan 11 juta panggilan dilakukan dari telepon umum setiap tahun
  • Panggilan ke nomor lokal, interlokal, dan ponsel sekarang gratis
  • Organisasi Bala Keselamatan mengatakan langkah itu akan menjadi faktor penting perubahan bagi orang-orang yang rentan

Perusahaan telekomunikasi Australia ini telah mengumumkan bahwa panggilan lokal atau interlokal ke saluran tetap atau ponsel Australia dari telepon umum Telstra tidak akan lagi dikenakan biaya.

Itu berarti masa-masa di mana orang harus mencari atau menukar koin 50 sen telah berakhir.

Telstra mengatakan ada sekitar 11 juta panggilan yang dilakukan dari telepon umum tahun lalu, termasuk 230.000 panggilan ke layanan penting seperti 000 dan Lifeline.

CEO Telstra Andy Penn mengatakan langkah untuk membuat setiap telepon umum gratis akan mengurangi pendapatan perusahaan sekitar A$5 juta (sekitar Rp53 miliar) per tahun.

"Menyaksikan selama 18 bulan terakhir bagaimana telepon umum memainkan peran dalam situasi darurat saat kebakaran hutan untuk menjaga orang-orang agar tetap terhubung, khususnya mereka yang rentan dan kurang beruntung, saya hanya berpikir kami sampai pada titik di mana kami dapat menggratiskan layanan ini," kata Penn.

"Ini bukan masalah besar bagi Telstra."

"Itu berarti orang tidak perlu khawatir harus memiliki sekantong koin jika mereka perlu melakukan panggilan telepon dalam keadaan darurat."

Penn mengatakan Telstra tidak memiliki rencana untuk menghapus fasilitas telepon umum, sementara jumlah telepon yang dikelola perusahaan ini ditentukan oleh pemerintah federal.

Telepon-telepon tersebut sebelumnya telah diberikan secara gratis kepada masyarakat yang terkena bencana alam, atau di masyarakat adat yang terpencil.

Telstra juga telah menyediakan panggilan Natal dan Tahun Baru gratis dari telepon umum selama lima tahun terakhir.

Pimpinan organisasi Salvation Army atau Bala Keselamatan, Brendan Nottle, mengatakan kebijakan ini merupakan faktor penting perubahan bagi orang-orang yang tidak mampu membeli ponsel, atau mereka yang harus melarikan diri dari situasi domestik yang berbahaya.

"Banyak orang Australia yang rentan yang tidak memiliki akses ke ponsel sehingga sangat penting bagi mereka untuk menghilangkan rasa kemiskinan sosial dan isolasi sosial untuk terhubung dengan teman, atau untuk terhubung dengan layanan," katanya.

"Selama COVID, kami telah melihat banyak sorotan tentang isolasi, tapi pada kenyataannya ada sebagian orang Australia yang menderita isolasi sosial setiap hari dalam hidup mereka."

(lia/sumber:abc.net)