Proyek Tol Cibitung-Cilincing Sudah 85%, Diprediksi Selesai Akhir Tahun

  • Oleh : Redaksi

Sabtu, 21/Agu/2021 19:54 WIB
Proyek pembangunan Tol Cibitung-Cilincing (foto:BeritaTrans.com&aksi.id/ahmad) Proyek pembangunan Tol Cibitung-Cilincing (foto:BeritaTrans.com&aksi.id/ahmad)

CIBITUNG (BeritaTrans.com) - Kemenko Marves meninjau perkembangan pembangunan Proyek Strategis Nasional (PSN) Jalan Tol Cibitung-Cilincing. Pembangunan ini termasuk bagian dari Jalan Tol Outer Ring Road (JORR) II, kemarin.

Baca Juga:
Management Walkthrough PT API Aset Leger Jalan Tol di JTCC

Kunjungan Kemenko Marves tersebut diwakili oleh Asisten Deputi Infrastruktur Dasar, Perkotaan, dan Sumber Daya Air (Asdep IDPSDA), Rahman Hidayat. Dari kunjungan tersebut diketahui bahwa progres pengadaan lahan per 12 Agustus 2021 telah mencapai 94,64 persen dan konstruksi sebesar 85,80 persen.

Kemenko Marves bersama PT Waskita Karya dan PT Cibitung Tanjung Priok Port Tollways meninjau seksi 4 IC Tarumajaya-IC Cilincing yang masih mengalami sedikit kendala pengadaan lahan.

Baca Juga:
Pertama di Indonesia, JTCC Terapkan Sistem Refund di Gerbang Tol Semper

"Sebenarnya kan ini konstruksi sudah berjalan, tapi kita hanya ingin mempercepat saja penyelesaian hal-hal yang menjadi hambatan," kata Rahman dalam keterangannya di Jakarta, Sabtu (21/8/2021).

Baca Juga:
Dukung Kelancaran Arus Transportasi Barang, Jalan Tol Cibitung-Cilincing (JTCC) Berikan Tambahan Diskon Tarif

Dalam progres konstruksi tol Cibitung-Cilincing dengan panjang 34,02 km ini, Kemenko Marves akan berkoordinasi dengan berbagai pihak untuk memastikan informasi dan data yang diperoleh serta kondisi di lapangan terkait status lahan.

"Seperti titik yang kita tinjau tadi, apakah PPK lahan seksi 4 Tol Cibitung-Cilincing ini benar-benar sudah mendapatkan informasi yang akurat dan didukung data yang benar. Jika tidak bisa diselesaikan dengan cara negosiasi atau pendekatan, kita akan bawa ke jalur formal saja," ungkap Asdep Rahman.

Dilaporkan bahwa progres konstruksi secara keseluruhan 85,80 persen, terbagi pada seksi 1 IC Cibitung-IC Telaga Asih mencapai 99,73 persen, seksi 2 IC Telaga Asih-IC Tambelang 98,65 persen, seksi 3 IC Tanbelang-IC Tarumajaya 92,71 persen, dan seksi 4 IC Tarumajaya-IC Cilincing mencapai 59,06 persen.

Seksi 1 IC Cibitung-IC Telaga Asih telah beroperasi, sedangkan seksi lainnya ditargetkan rampung pada akhir tahun 2021 dan triwulan I-2022.

Secara keseluruhan tanah yang sudah berhasil dibebaskan berjumlah 94,64 persen. Terdiri dari 99,25 persen ruas 2 dan 3 di Kabupaten Bekasi dan 62,47 persen ruas 4 di DKI Jakarta. Dengan capaian ini, diharapkan pekerjaan konstruksi dapat segera diakselerasi hingga akhir 2021.(amt) sumber/cnbcindonesia.com)