Banyak Penumpang KRL Masih Gunakan Masker Satu Lapis Tidak Sesuai

  • Oleh : Fahmi

Rabu, 01/Sep/2021 13:26 WIB
Suasana Stasiun Manggarai, Rabu. (Ist) Suasana Stasiun Manggarai, Rabu. (Ist)

JAKARTA (BeritaTrans.com) - Banyak penumpang KRL Commuterline masih menggunakan masker satu lapis di saat naik rangkaian maupun saat berada di Stasiun. 

Pantauan BeritaTrans.com dan Aksi.id di Stasiun Manggarai, terlihat beberapa calon penumpang KRL menggunakan masker medis namun hanya dengan satu lapis. Masker berwarna model biru, hijau dan putih dengan model sensi banyak terlihat digunakan siang ini. Terlihat pula ada yang menggunakan masker kain satu lapis saja. Hal tersebut terlihat dari penggunaan tali yang masih tampak satu terlilit di daun telinga. 

Baca Juga:
Ada Perbaikan Jalur di Manggarai, Beberapa Perjalanan KRL Alami Pembatalan Khusus Selasa Malam, Ini Jadwalnya!

Sebelumnya, mulai 5 Juli 2021 lalu, KAI Commuter mewajibkan seluruh pengguna KRL menggunakan masker ganda atau menggunakan masker jenis N95, KN95, atau KF94. Pemakaian masker ganda ini salah satunya adalah masker medis sebagaimana yang direkomendasikan para dokter dan Kementerian Kesehatan. 

Baca Juga:
Operasi KRL Berubah Khusus Rabu Malam 28 September, Banyak Perjalanan Dibatalkan, Ini Jadwal Terbarunya!

Penggunaan masker ganda yang disarankan oleh Kementerian Kesehatan RI dan Komite Penanganan Covid-19 dan Pemulihan Ekonomi Nasional (KPCPEN) ini merupakan salah satu upaya untuk menekan angka penyebaran Covid-19 yang terus meningkat beberapa pekan terakhir ini. 

Selain dokumen perjalanan atau STRP yang menunjukkan pekerja sektor ensensial dan kritikal untuk masuk dan menggunakan KRL, penumpang juga wajib menggunakan masker yang sesuai imbauan dan anjuran. Namun pada praktiknya, masih banyak ditemukan penumpang yang lolos dan dapat menggunakan KRL hingga ke stasiun tujuan akhir mereka. 

Baca Juga:
KAI Ajak Masyarakat Kenali Bengkel Kereta Api Balai Yasa Manggarai

Di saat menunggu rangkaian di peron, terlihat banyak petugas mengatur untuk membuka tutup jalur dan mengamankan peron sembari mensosialisasikan untuk menjaga jarak aman antar penumpang juga mengenai cara menggunakan masker yang benar.

Selain di stasiun, saat di perjalanan KRL, penumpang yang menggunakan masker satu lapis masih kerap ditemui. Mereka bercampur dengan penumpang lain yang menggunakan masker ganda atau sesuai. 

Sebelumnya dikatakan pihak KAI Commuter, bila calon pengguna KRL yang tidak menggunakan masker ganda atau masker jenis N95, KN95, atau KF94 akan dilarang menggunakan KRL. (Fahmi)