Dirjen Agus Masuki Masa Purna Tugas, Menhub: Beliau Sosok Tangguh dan Pekerja Keras

  • Oleh : Naomy

Rabu, 01/Sep/2021 23:43 WIB
Pelepasan Dirjen Perhubungan Laut yang purna tugas oleh Menhub Pelepasan Dirjen Perhubungan Laut yang purna tugas oleh Menhub

 

JAKARTA (BeritaTrans.com) – Dirjen Perhubungan Laut Kementerian Perhubungan R. Agus H. Purnomo telah memasuki masa purna tugas mulai Rabu (1/9/2021). 

Baca Juga:
Arus Balik dari Sumatera Menuju Jawa Melalui Penyeberangan Terpantau Lancar dan Terkendali

Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi menghadiri langsung acara pelepasannya di Kantor Kemenhub Jakarta.

Dia menyampaikan terima kasih dan apresiasinya kepada  Agus atas dedikasi dan kinerjanya sebagai Dirjen Perhubungan Laut selama empat ( 2017-2021).

Baca Juga:
Puncak Arus Balik, Pemerintah Tambah Jumlah Perjalanan Kapal dan Kapasitas Rute Panjang-Ciwandan

“Pak Agus sosok tangguh, pekerja keras, dan sederhana. Begitu banyak pencapaian yang berhasil diraih selama masa kepemimpinan beliau. Terima kasih atas dedikasi dan kinerjanya selama ini. Selamat menjalankan purna tugas dan tetap sehat,” tutur Menhub.

Dia mengungkapkan, sektor perhubungan laut memiliki sejumlah tantangan dan masalah yang harus diselesaikan. Menurutnya, Dirjen Agus telah melakukan tugasnya dengan baik selama menjabat.

Baca Juga:
Pastikan Kelancaran Arus Balik, Kemenhub Siapkan Kapal Rute Panjang-Ciwandan 12-18 April 2024

“Tidak mudah menjadi sosok sederhana namun berprestasi, memiliki intuisi, dan inisiatif untuk menggerakan. Seperti sulitnya ketika mengoperasikan Pelabuhan Patimban, namun beliau tetap dapat menggerakkan dan menjalankannya dengan baik,” ujarnya.

Menhub mengingatkan, masih banyak tugas berat yang harus dilanjutkan rekan-rekan Ditjen Perhubungan Laut terutama di masa pandemi Covid-19.

Sementara Agus yang didampingi istri Ny. Suheni menyampaikan terima kasih atas kepercayaan yang diberikan Menhub kepadanya sebagai Dirjen Perhubungan Laut. 

Dia juga mengucapkan apresiasi kepada pegawai di lingkungan Ditjen Perhubungan laut yang selalu siap untuk bekerja keras dan bekerja dengan hati.

“Selama ini saya banyak dibantu oleh rekan-rekan di lingkungan Ditjen Perhubungan Laut. Untuk itu Saya ucapkan terima kasih kepada seluruh jajaran atas kerja kerasnya selama 24 jam, kapan saja, di mana saja. Saya memohon maaf apabila ada kesalahan selama menjabat,” ungkapnya.

Selama empat tahun, terdapat beberapa capaian prestasi yang ditorehkan Agus bersama Ditjen Perhubungan Laut.

Diantaranya: Indonesia terpilih sebagai Anggota Dewan IMO Kategori C (2018-2019 dan 2020-2021), terbentuknya Social Media Response Team (SMRT).

Predikat Wilayah Bebas dari Korupsi (WBK) dan Wilayah Birokrasi Bersih Melayani (WBBM) dari Kemenpan RB di beberapa Unit Kerja di bawah Direktorat Jenderal Perhubungan Laut.

Penerapan aplikasi Sitolaut, memeroleh laporan keuangan dengan Opini Wajar Tanpa Pengecualian (WTP) dari BPK, penyerapan anggaran tahun 2020 sebesar 95,98% dan realisasi PNBP Tahun 2020 sebesar 107,49%, pengelolaan Pelabuhan Patimban Jawa Barat dan Pelabuhan Anggrek Gorontalo dengan skema KPBU.

Penerbitan buku pelaut dan PAS kecil secara online, dan  beberapa capaian lainnya di sektor perhubungan laut.

Pelepasan masa purna tugas ini turut dihadiri secara langsung maupun virtual oleh para pejabat Pimpinan Tinggi Madya di lingkungan Kemenhub, para pegawai dan keluarga besar Ditjen Perhubungan Laut; serta para pemangku kepentingan. (omy)