22.000 Truk di Pelabuhan Tanjung Priok Wajib Dilengkapi STID

  • Oleh : Ahmad

Rabu, 08/Sep/2021 11:32 WIB
Launching STID di Pelabuhan Tanjung Priok (Foto:BeritaTrans.com/aksi.id/ahmad) Launching STID di Pelabuhan Tanjung Priok (Foto:BeritaTrans.com/aksi.id/ahmad)

 

Baca Juga:
Program TJSL, IPC TPK Berbagi Berkah di Bulan Ramadhan

JAKARTA (BeritaTrans.com) - Single Truck Identification Data (STID) di-launching Kantor Otoritas Pelabuhan Utama Tanjung Priok dan IPC, Rabu (8/9/2021). 

Saat ini terdapat 22.000 truk beroperasi  di Pelabuhan Tanjung Priok dan wanib menggunakan 'Satu Kartu untuk Semua' berupa STID.

Baca Juga:
Konsistensi IPC TPK Pastikan Keamanan dan Keselamatan Kerja

Bagi perusahaan yang sudah terdaftar dalam sistem STID akan diberikan kartu elektronik. Kartu elektronik itu sebagai kegiatan operasional mulai dari pintu gerbang pelabuhan sampai ke lahan penumpukan dan dermaga. 

Baca Juga:
IPC TPK Tetapkan Strategi Bisnis Tahun 2024

Pada truk yang sudah masuk sistem STID akan ditandai oleh stiker untuk beroperasi di pelabuhan. Dengan begitu di setiap pintuk masuk, petugas di pelabuhan dapat langsung mengindentifikasi melalui sistem yang sudah terkoneksi STID 

"Kegunaan Kartu tersebut untuk mengidentifikasi truk, pengemudi dan bisa memonitor perjalanan dari pelabuhan sampai ke gudang, Kartu elektronik ini wajib dimiliki karena bila tidak ada, gak bisa masuk pelabuhan," ungkap Kepala Kantor Otoritas Pelabuhan Utama Tanjung Priok DR Capt Wisnu Handoko, dalam sambutannya di acara 'Launching Single Truk Identification Data' yang digelar di Museum Maritim Pelabuhan Tanjung Priok. 

Kegiatan acara ini dibuka oleh Plt Direktur Jenderal Perhubungan Laut Arief Toha yang diwakilkan Direktur Kenavigasian Hengky Angkasawan, dalam virtual online. 

"Hari ini penerapan Single TID resmi diterapkan, semoga berjalan lancar atas pelaksanaannya membuat semua pihak berkembang," kata Direktur Distrik Navigasi, Hengky Angkasawan yang mewakili Direktur Jenderal Perhubungan Laut, meresmikan Launching Penerapan STID secara on-line dari kantornya.

Hadir dalam acara tersebut, Kepala Kantor Otoritas Pelabuhan Utama Tanjung Priok, Kepala Kantor Kesyahbandaran, Aprtindo, ALFI, Organda, INSA, IPC, Polres Pelabuhan Tanjung Priok dan Stakeholder serta Insan Maritim lainnya.(ahmad)