Erick Thohir Tinjau Penerapan PeduliLindungi di Pelabuhan Ketapang dan Gilimanuk

  • Oleh : Fahmi

Minggu, 19/Sep/2021 16:07 WIB
Erick Thohir dan Dirut ASDP Ira Puspadewi saat melakukan peninjauan Pelabuhan Ketapang, Banyuwangi pada Ahad (19/9/2021). Erick Thohir dan Dirut ASDP Ira Puspadewi saat melakukan peninjauan Pelabuhan Ketapang, Banyuwangi pada Ahad (19/9/2021).

BANYUWANGI (BeritaTrans.com) - Dalam rangka meningkatkan pengawasan dalam pengendalian dan penanganan pandemi Covid-19 di Indonesia termasuk pada layanan transportasi publik, Menteri BUMN Erick Thohir melakukan peninjauan layanan operasional dan penerapan integrasi data kesehatan PeduliLindungi bagi pengguna jasa transportasi penyeberangan di Pelabuhan Ketapang, Banyuwangi dan Pelabuhan Gilimanuk, Bali, pada Ahad (19/9/2021). 

"Kita selalu memeriksa penerapan PeduliLindugi di layanan transportasi, mulai dari bandara, terminal, sampai ke pelabuhan penyeberangan," tutur Erick Thohir pada kunjungannya 

Baca Juga:
Mantap, Tren Pengguna Ferizy Angkutan Penyeberangan Naik 58 Persen

Ia mengatakan, dalam persyaratan perjalanan telah diatur bahwa vaksinasi dan hasil negatif test Covid-19 adalah keharusan bagi setiap masyarakat yang akan melakukan perjalanan, utamanya menggunakan transportasi publik. 

"Syarat telah melakukan vaksinasi adalah keharusan, kita harus selalu waspada, dan selalu menjaga, jangan karena keadaan sudah semakin membaik, kita menjadi lupa," tutur Erick. 

Baca Juga:
Petromaks Kapal Nelayan Pasuruan Meledak di Laut, 10 Orang Terluka

Erick mengapresiasi dan terus mendorong PT ASDP Indonesia Ferry (Persero) untuk terus menjadi operator pelayanan transportasi publik yang handal dan mumpuni dalam memberikan pelayanan bermutu prima di seluruh Indonesia.  

PT ASDP Indonesia Ferry (Persero) mendukung program Pemerintah dalam meminimalisir penyebaran Covid-19 khususnya melalui transportasi di sektor angkutan penyeberangan dengan menerapkan verifikasi data vaksin pengguna jasa pada proses reservasi tiket online Ferizy yang terintegrasi bertahap dengan Aplikasi PeduliLindungi. 

Baca Juga:
Kapal Penangkap Ikan Angkut 9 Orang Terbalik di Korea Selatan, Ada 2 WNI

Direktur Utama PT ASDP Indonesia Ferry (Persero) Ira Puspadewi mengatakan, layanan penjualan tiket online Ferizy yang berlaku di Merak, Bakauheni, Ketapang, dan Gilimanuk terintegrasi dengan Aplikasi PeduliLindungi, dimana data vaksin menjadi syarat wajib dalam proses reservasi tiket online di Ferizy. 

Sejak pandemi tahun lalu, ASDP mengimbau pengguna jasa agar mempersiapkan perjalanannya, dengan melakukan pembelian tiket online secara mandiri via Ferizy, terutama di lintas penyeberangan Merak-Bakauheni dan Ketapang-Gilimanuk. 

Sesuai dengan SE Satgas Covid-19 Nomor 17 Tahun 2021 tentang Ketentuan Perjalanan Orang Dalam Negeri pada Masa Pandemi Corona Virus Disease 2019 (Covid-19) dan Surat Edaran Menteri Perhubungan RI Nomor SE 56 Tahun 2021 tentang Petunjuk Pelaksanaan Perjalanan Orang Dalam Negeri dengan Transportasi Darat pada Masa Pandemi Corona Virus Disease 2019 (Covid-19) pada 26 Juli 2021, bahwa syarat perjalanan penyeberangan mewajibkan masyarakat untuk melampirkan bukti pelaksanaan vaksinasi (minimal dosis pertama) dan hasil tes Covid-19 (Antigen H-1 / PCR H-2). 

"Melalui penerapan ini, pengguna jasa yang dapat melakukan pembelian tiket online Ferizy hanya yang telah divaksin atau yang termasuk kategori pengecualian vaksin," tutur Ira menjelaskan. 

Dalam optimalisasi verifikasi dokumen kesehatan terhadap pengguna jasa penyeberangan akan dilaksanakan dengan mekanisme double screening (verifikasi ganda). Pertama, verifikasi dokumen kesehatan dilakukan saat pengguna jasa memesan tiket online di Ferizy yang terintegrasi dengan Aplikasi Peduli Lindungi. Kedua, verifikasi dokumen kesehatan dilaksanakan di pelabuhan penyeberangan oleh Tim Satgas Covid-19 setempat. 

ASDP mengimbau kepada seluruh pengguna jasa agar dapat mengunduh Aplikasi PeduliLindungi dan memastikan data vaksin dan data hasil test Covid-19 telah tersedia. 

"Saat proses reservasi tiket online di Ferizy, pastikan data penumpang yang diisi sesuai Kartu Identitas. Selanjutnya agar dipastikan juga data diri seluruh penumpang dalam kendaraan terdaftar di dalam tiket," kata Ira lagi. 

Dalam rangkaian kegiatan kunjungan kerja di Pelabuhan Ketapang dan Gilimanuk, Menteri Erick turut menyampaikan bantuan sembako kepada perwakilan pekerja pelabuhan mulai dari petugas kepil, cleaning service, dan pedagang asongan. ASDP melalui program Senyum Peduli dari unit kerja Tangggung Jawab Sosial Lingkungan terus menyalurkan bantuan kepada mitra kerja perusahaan yang terdampak pandemi Covid-19. (fhm)