Operasi Patuh Jaya 2021 Dimulai Hari Ini

  • Oleh : Redaksi

Senin, 20/Sep/2021 06:55 WIB


JAKARTA (Beritatrans.com) – Direktorat Lalu Lintas Polda Metro Jaya mulai melakukan Operasi Patuh Jaya 2021 pada Senin (20/9/2021) sampai dua minggu ke depan, tepatnya 3 Oktober 2021.

Dirlantas Polda Metro Jaya Kombes Sambodo Purnomo Yogo mengatakan, Operasi Patuh Jaya 2021 dilakukan dengan tujuan penegakan protokol kesehatan dengan penegakan disiplin berlalu lintas.

Baca Juga:
Wakapolda Metro Jaya Serahkan Langsung Bantuan untuk Korban Gempa di Mapolres Cianjur

“Penegakan protokol kesehatan dilaksanakan dengan pembubaran kerumunan, bagi-bagi masker, kampanye 3M, patroli skala besar, pembatasan ganjil genap dan tempat wisata, car free night,” ucapnya ketika dihubungi Kompas.com, Minggu (19/9/2021).

 

Baca Juga:
Polda Metro Jaya Kirim Bantuan Kemanusiaan ke Korban Gempa Bumi Cianjur

Sejumlah polisi lalu lintas mengikuti Apel Gelar Pasukan Operasi Patuh Jaya Tahun 2020 di Polda Metro Jaya, Jakarta, Kamis (23/7/2020). Operasi Patuh Jaya 2020 tersebut berlangsung selama 14 hari dimulai 23 Juli sampai 5 Agustus 2020 dengan mengerahkan sebanyak 1.807 personel gabungan dari unsur TNI, Polri, Satpol PP, dan Dishub yang bertujuan untuk meningkatkan kedisiplinan masyarakat berlalu lintas di masa adaptasi kebiasaan baru.

 

Baca Juga:
Polda Metro Jaya Gelar FGD Gandeng Stakeholder Soal Penyelenggaraan Kegiatan

Sedangkan untuk penegakan disiplin berlalu lintas, ditujukan pada pelanggar yang kasat mata. Target khusus untuk pelanggar lalu lintas misalnya seperti pengguna knalpot bising, pemakai rotator oleh orang yang tidak berhak, lawan arus, balapan liar dan lainnya.

“Selain itu kita akan datang ke sekolah-sekolah untuk sosialisasi, edukasi. Kemudian juga melakukan penegakkan hukum terhadap pelanggaran yang kasat mata dan menimbulkan komplain dari masyarakat,” kata dia.

Sambodo mengatakan, selama operasi patuh, tidak melaksanakan razia. Razia di sini artinya semua kendaraan diberhentikan dan diperiksa kelengkapan surat-suratnya, jadi Polda Metro Jaya tidak melaksanakan itu.

“Kalau ada yang kelihatan (pelanggaran) pasti kita hentikan dan ditindak (tilang),” ucapnya.  (ny/Sumber: Kompas.com)