Cerianya Bandara Soetta saat PPKM Terakhir

  • Oleh : Fahmi

Senin, 20/Sep/2021 17:55 WIB
Suasana di Terminal 3 Bandara Soekarno-Hatta pada Senin (20/9/2021). Suasana di Terminal 3 Bandara Soekarno-Hatta pada Senin (20/9/2021).

JAKARTA (BaritaTrans.com) - Pada hari Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) Level 2-4 berakhir Senin (20/9/2021) hari ini, suasana Terminal 3 Bandar Udara Soekarno-Hatta, Cengkareng disibukan oleh kedatangan dan keberangkatan penumpang pesawat dari dan ke dalam dan luar negeri. 

Baca Juga:
Petugas Avsec Bandara SMB II Palembang Gagalkan Penyelundupan 348 Slop Rokok Ilegal

Pantauan BeritaTrans.com dan Aksi.id pada siang ini, banyak orang-orang dengan membawa serta anak dibawah 12 tahun. Mereka tampak untuk mengantar atau menjemput kerabatnya yang datang dari luar daerah. 

Beberapa petugas penerbangan atau kru pesawat yang terdiri dari pilot, pramugari dan pramugara juga terlihat masuk dan keluar pintu keberangkatan pesawat. Beberapa penumpang lain dengan membawa sejumlah barang juga tampak masuk dan keberangkatan. 

Baca Juga:
Ramp Safety Campaign dan Terminal Safety Campaign di Bandara Soekarno-Hatta

Pada gerai moda transportasi angkutan lanjutan, juga tampak dipenuhi penumpang untuk membeli tiketnya. Salah satunya taksi atau travel yang beroperasi di bandara tersebut. 

Baca Juga:
Bersama Stakeholder Terkait, Angkasa Pura II Perkuat Aspek Keselamatan di Bandara

Beberapa gerai tetap terlihat banyak pelanggan yang tengah bersantap makan, minum sambil bersantai. Namun, beberapa gerai juga tampak masih tidak beroperasional atau tutup. 

Di bandara terbesar se-Indonesia itu pelayanan tetap berjalan melayani penumpang saat pandemi dengan protokol kesehatan yang ketat. 

Peraturan persyaratan perjalanan dengan pesawat di bandara ini, sesuai dengan Inmendagri No.38/2021, calon penumpang pesawat harus memenuhi persyaratan diantaranya dari luar Jawa dan Bali, atau keberangkatan dari Jawa dan Bali ke luar Jawa dan Bali wajib menunjukkan kartu vaksinasi minimal vaksinasi dosis pertama dan menunjukkan hasil negatif PCR (H-2). 

Untuk perjalanan antar kota atau kabupaten di dalam Jawa dan Bali, menunjukkan hasil negatif antigen H-1 dengan syarat sudah memperoleh vaksinasi dosis kedua serta menunjukkan hasil negatif PCR H-2 jika baru memperoleh vaksin dosis satu. 

Penumpang pesawat diimbau agar memperhatikan bandara asal dan bandara tujuan untuk memastikan kelancaran proses keberangkatan dan kedatangan di bandara. 

Bandara kelolaan Angkasa Pura II tersebut juga telah mengimplementasikan aplikasi PeduliLindungi untuk memproses keberangkatan penerbangan. 

Sebelumnya diumumkan pada pekan lalu saat perpanjangannya, PPKM Level 2-4 akan berakhir Senin (20/9/2021) hari ini. (fhm)