Pelabuhan Tanjung Gudang Bakal Jadi Pelabuhan Ekspor

  • Oleh : Redaksi

Minggu, 26/Sep/2021 07:32 WIB
Foto:ilustrasi/istimewa Foto:ilustrasi/istimewa

PANGKALPINANG (BeritaTrans.com) -- Provinsi Kepulauan Bangka Belitung akan memiliki pelabuhan ekspor untuk mengirimkan logistik ke negara lain. Berlokasi di utara pulau Bangka, tepatnya Pelabuhan Tanjung Gudang Belinyu akan dikembangkan oleh Kementerian Perhubungan RI melalui PT Pelindo 2. 

Pembangunan Pelabuhan Tanjung Gudang itu sendiri mengusung konsep pelabuhan yang terintegrasi dengan memiliki terminal peti kemas internasional dan domestik, terminal roro dan pelabuhan perikanan. Guna merealisasikan hal itu secepatnya, Gubernur Provinsi Kepulauan Bangka Belitung Erzaldi Rosman beraudiensi dengan Menteri Perhubungan RI, Budi Karya Sumadi secara virtual, Kamis (23/9/2021). 

Baca Juga:
Ditjen Hubla Segera Perbarui Alur Pelayaran Masuk Pelabuhan Tarakan

Erzaldi dalam pertemuan virtual itu mengatakan, pertemuan ini guna menindaklanjuti pertemuan sebelumnya terkait revisi pengembangan Pelabuhan Pangkalbalam yang akan dialihkan ke Pelabuhan Tanjung Gudang Belinyu sebagai pelabuhan ekspor. 

"Pengembangan Pelabuhan Belinyu ini diharapkan dapat menjadi simpul bagi sentra produksi dan industri, transportasi dan logistik di kawasan Babel dan mampu menekan biaya logistik bagi para pengguna jasa," ujarnya.

Baca Juga:
Rehabilitasi Pelabuhan Banjar Nyuh Nusa Penida Dianggarkan Tahun 2025

Dengan letak wilayah Babel yang berada pada poros tengah jalur lalu lintas Pulau Sumatera dan Selat Karimata, yang merupakan jalur perdagangan internasional, menjadikan provinsi ini secara geografis sebagai wilayah strategis bidang pelayaran dan perdagangan jalur laut ke negara laut. 

Sehingga, Pelabuhan Tanjung Gudang Belinyu akan dipersiapkan untuk melayani arus ekspor impor termasuk komoditas dari Babel itu sendiri. (amt/sumber:wowbabel.com) 

Baca Juga:
Mobilitas Masyarakat Babel via Penyeberangan Tembus 40 Ribu Selama Periode Angleb