Masih Banyak Penumpang KRL Pakai Masker Satu Lapis

  • Oleh : Fahmi

Jum'at, 01/Okt/2021 10:35 WIB
Pada rangkaian KRL dari Stasiun Bekasi-JakartaKota, beberapa pengguna KRL terlihat masih menggunkan masker satu lapis tidak sesuai pada Jumat (1/9/2021). Pada rangkaian KRL dari Stasiun Bekasi-JakartaKota, beberapa pengguna KRL terlihat masih menggunkan masker satu lapis tidak sesuai pada Jumat (1/9/2021).

JAKARTA (BeritaTrans.com) - Penumpang KRL Commuterline masih banyak yang menggunakan masker satu lapis tidak sesuai. Hal itu terlihat pada KRL yang diberangkatan dari Stasiun Bekasi, Jumat (1/10/2021) sekitar pukul 9.30. 

Stasiun itu mewajibkan penumpang harus memiliki sertifikat vaksin atau melakukan scan kode QR Aplikasi PeduliLindungi. Sejumlah petugas tampak memeriksa dan meneliti syarat naik KRL bagi para penumpangnya. 

Baca Juga:
Penumpang Padat di KRL Cikarang-Manggarai, Banyak Berhenti Semakin Ramai

Namun, di dalam KRL yang akan diberangkatkan menuju JakartaKota, terlihat masih banyak penumpang menggunakan masker satu lapis baik hanya masker kain ataupun masker medis satu lapis. 

Pantauan BeritaTrans.com dan Aksi.id penumpang di dalam rangkaian ada yang hanya menggunakan masker kain dengan satu lapis. Dan terlihat pula penumpang dengan menggunakan masker medis satu lapis yang tidak sesuai arahan pihak KCI. 

Baca Juga:
Pelajar Ikut Antre Panjang Masuk Stasiun Baru Bekasi

Beberapa penumpang juga tampak menurunkan masker atau tidak menggunakan masker secara baik dan benar. Petugas hanya menhingatkan penumpang yang menurunkan masker tidak menutupi hidung tersebut. 

Sebelumnya, pihak KAI Commuter mewajibkan kepada pengguna KRL untuk menggunakan masker ganda atau double yang dilapisi kain dengan salah satunya masker medis. Atau pengguna boleh menggunakan masket satu lapis berjenis masker N95, KN95 maupun KF94. 

Baca Juga:
Penumpang KRL Antre Panjang di Lantai Dasar dan Atas Stasiun Bekasi

Selain diwajibkan untuk memakai masker, KAI Commuter juga membatasi kuota pengguna KRL maksimal 52 orang per rangkaian. Pembatasan kuota pengguna KRL itu agar lebih memaksimalkan jaga jarak. Jumlah kuota tersebut terdiri atas 32 orang pengguna yang dapat menempati tempat duduk dan 20 orang pengguna yang berdiri.  

Diwajibkannya seleuruh penumpang KRL untuk menggunakan masker ganda di stasiun dan dalam KRL sudah dimualai pada 7 Juli 2021.(fhm)