Pelabuhan Patimban Lepas Kapal Serasi V Angkut 700 Mobil Baru Menuju Belawan

  • Oleh : Naomy

Senin, 04/Okt/2021 20:12 WIB
Ratusan mobil diangkut dari Pelabuhan Patimban ke Belawan Ratusan mobil diangkut dari Pelabuhan Patimban ke Belawan

 

SUBANG (BeritaTrans.com) - Sebanyak 700 unit mobil Completely Built Up (CBU) yang didominasi Merk Toyota (PT Toyota Astra Motor) dikirim dengan kapal dari Pelabuhan Patimban  menuju Pelabuhan Belawan - Medan. 

Baca Juga:
5 Pangkalan PLP Salurkan Bantuan Gelombang I untuk Korban Gempa Cianjur

Pengiriman ini merupakan pelayaran perdana sehubungan dengan pembukaan Trayek Patimban - Belawan dan Batam. 

"Sebelumnya sudah beroperasi pengiriman kendaraan melalui Patimban ke Pelabuhan Panjang, Pelabuhan Pontianak dan Pelabuhan Banjarmasin namun kali ini merupakan pengiriman paling banyak," urai Direktur Lalu Lintas dan Angkutan Laut Direktorat Jenderal Perhubungan Laut Kementerian Perhubungan, Capt Mugen Sartoto, Senin (4/10/2021).

Baca Juga:
Jelang Angkutan Nataru, Kemenhub Siapkan Integrasi Antarmoda di Pelabuhan Belawan

Dia mengatakan, ratusan mobil tersebut dikirim menggunakan Kapal KM Serasi V milik PT Toyofuji Serasi Indonesia dengan kapasitas 800 mobil.

"Kapal berangkat nanti malam pukul 24.00 WIB," ujarnya.

Baca Juga:
KN Chundamani Evakuasi KMP Mutiara Timur I Terbakar di Perairan Bali

Sebelumnya, uji coba pengiriman mobil dari Pelabuhan Patimban telah dilakukan pada Desember 2020.

Dia mengungkapkan, sejak awal dibangun, Pelabuhan Patimban memang dimaksudkan untuk meningkatkan kinerja ekspor industri dalam negeri, khususnya sektor otomotif.

"Untuk memudahkan dan meningkatkan pengiriman mobil dalam bentuk jadi atau  CBU dari industri di sekitar Karawang lebih efisien melalui Pelabuhan Patimban. Baik untuk ke pasar ekspor maupun dalam negeri," ungkapnya.

Pelabuhan Patimban berada di wilayah strategis dan dekat dengan pusat sektor otomotif nasional serta kapasitas terminal di Fase 1-1 mencapai 218.00 CBU/tahun dan 250.00 TEUs per tahun.

Berdasarkan hasil kajian Kementerian Perhubungan bersama Gaikindo, selain ekspor dalam negeri, ekspor kendaraan ke Amerika Latin, Amerika Utara, sampai Afrika bisa meningkat dengan keberadaan Pelabuhan Patimban. (omy)