Awas Perang: 52 Jet Tempur China Serbu Taiwan

  • Oleh : Dirham

Selasa, 05/Okt/2021 10:52 WIB
Jet tempur J-16D China. Jet tempur J-16D China.

TAIWAN (BeritaTrans.com) - Situasi Selat Taiwan makin panas. Jet tempur China kembali melakukan serbuan ke pulau tersebut.

Setidaknya 52 jet tempur China dilaporkan melakukan "serangan" ke zona identifikasi pertahanan udara (ADIZ) Taiwan, Senin (4/10/2021).

Ini jumlah tertinggi sejak pulau itu mulai melaporkan tekanan China sejak tahun lalu, setelah sebelumnya menerjunkan 39 jet tempur di Sabtu (2/10/2021).

"Sebanyak 52 pesawat China termasuk 34 jet tempur J-16, 12 pembom H-6, dua pesawat tempur SU-30, dua pesawat perang anti kapal selam Y-8 dan dua pesawat peringatan dini KJ-500 dan pesawat kendali, " kata kementerian dalam sebuah pernyataan, dimuat CNN International, Selasa (5/10/2021).

Kementerian juga menunjukkan bagaimana semua pesawat China diarahkan ke bagian paling barat daya ADIZ Taiwan.

Kementerian Pertahanan Taiwan sendiri memberikan peringatan radio dan sistem rudal untuk memantau aktivitas tersebut.

"Berbalik dan segera pergi," tulis media itu mengutip rekaman radio angkatan udara Taiwan kemarin.

Mengutip Global Times, Tentara Pembebasan Rakyat China (PLA) memang tengah melakukan latihan militer. Latihan bahkan diperluas hingga dekat Taiwan.

Amerika Serikat (AS), sekutu Taiwan mengecam keras tindakan China. Negeri Presiden Joe Biden menyebutnya tak bertanggung jawab.

China hingga kini menganggap Taiwan bagian dari provinsinya. Sementara pulau itu mengumumkan kemerdekaan dan berdiri sendiri sebagai sebuah negara.

"Latihan udara berulang didedikasikan untuk mengirim pesan yang jelas dalam hal ini," kata Lionel Fatton, seorang profesor di Universitas Webster di Swiss.

"Selama Taiwan tidak mengambil langkah ... menuju kemerdekaan atau otonomi yang lebih besar di kancah internasional, pertempuran tidak mungkin terjadi." (ds/sumber CNBC News Indonesia)