Resmikan UPPKB Kintap Kalsel, Dirjen Budi Ingatkan Pentingnya Keselamatan Berlalulintas

  • Oleh : Naomy

Jum'at, 08/Okt/2021 09:09 WIB
Dirjen Perhubungan Darat Budi Setiyadi Dirjen Perhubungan Darat Budi Setiyadi

BANJAR (BeritaTrans.com) – Direktur Jenderal Perhubungan Darat, Budi Setiyadi, menghadiri kegiatan peresmian UPPKB Kintap dan Pembukaan Acara Pekan Nasional Keselamatan Jalan Tahun 2021 di Terminal Gambut Barakat, Banjar, Kalimantan Selatan, Kamis  (7/10/2021).

"Hasil kegiatan tersebut diharapkan dapat memberikan dampak positif secara langsung maupun tidak langsung kepada publik tentang pentingnya arti keselamatan dan bagaimana cara berlalulintas, sehingga dapat mengurangi angka kecelakaan lalu lintas dan tingkat fatalitas akibat terjadinya kecelakaan," urai Dirjen Budi.

Baca Juga:
Hendak Mudik dengan Bus? Ditjen Hubdat Imbau Masyarakat Ikut Cek Kelaikannya di Aplikasi Mitradarat

Sektor transportasi kata dia, mempunyai peran penting dalam kehidupan masyarakat Indonesia. 

Dengan transportasi masyarakat dapat melakukan pergerakan barang maupun konektivitas antarwilayah. 

Baca Juga:
Antisipasi Kepadatan Saat Libur Lebaran, Bakal Diterapkan Pengaturan Lalu Lintas

"Maka Ditjen Perhubungan Darat bersama Balai Pengelola Transportasi Darat (BPTD) Wilayah XV Kalsel menyelenggarakan Pekan Nasional Keselamatan Jalan Tahun 2021 dengan tema Koalisi Teman Sejati (Selamat Di Jalan Dan Hati-Hati) yang berlokasi di Terminal Tipe A Gambut Barakat,” katanya.

Baca Juga:
Ini Waktu Pembatasan Operasional Angkutan Barang pada Libur Lebaran

Terdapat empat kegiatan pokok yang telah dilaksanakan, yaitu:

1. Peresmian Infrastruktur Perhubungan Berupa Gedung Operasional UPPKB Kintap;

2. Pembukaan Acara Pekan Keselamatan Jalan Tahun 2021;

3. Pemotongan Truk Over Dimensi, dan;

4. Vaksin Gratis

Sesuai Resolusi PBB No. A/RES/60/5 Tanggal 26 Oktober 2006 mengenai Improving Global Road Safety di mana UNESCAP bekerjasama dengan WHO untuk pertama kalinya akan menyelenggarakan kegiatan The First United Nation Global Road Safety Week in Asia and The Pasific Region yang telah dilakukan 23-29 April 2007.

Kegiatan tersebut dititikberatkan kepada para generasi muda pengguna jalan (young road users) mengingat bahwa generasi muda pengguna jalan merupakan kelompok beresiko tinggi terhadap kecelakaan lalu lintas.

Sementara itu, selaku perwakilan pemerintah Kalsel juga hadir Kepala Dinas Perhubungan Provinsi Kalsel Rusdiansyah, memaparkan detail kegiatan yang dilakukan.

“Karena masih dalam suasana pandemi Covid-19, BPTD XV Kalsel memilih melaksanakan kegiatan virtual fun bike dengan melibatkan komunitas pesepeda sebanyak 10 tim dengan melakukan pembersihan rambu di beberapa ruas jalan nasional sepanjang 40 km dan diberikan hadiah bagi komunitas sepeda yang paling banyak membersihkan rambu, namun tetap menerapkan protokol kesehatan,” tambahnya.

Salah satu kegiatan yang menjadi perhatian pada kegiatan ini adalah Over Dimension dan Over Loading (ODOL) yang banyak menyebabkan meningkatnya biaya perbaikan jalan serta faktor dari kecelakaan lalu lintas dan terhambatnya pengiriman logistik, sehingga berdampak pada perekonomian nasional.

Pemerintah akan tegas memberikan sanksi bagi perusahaan yang melanggar guna meningkatkan keselamatan lalu lintas.

Rusdiansyah menyampaikan, pemerintah Kalsel ikut serta dalam memerangi kendaraan barang yang Over Dimension dan Over Loading (ODOL) dengan tujuan Zero ODOL 2023.

“Semua pembangunan diupayakan untuk memberikan pelayanan yang prima kepada masyarakat. Karena pada hakekatnya apapun bentuk pembangunannya semua ditujukan untuk melayani dan meningkatkan kesejahteraan masyarakat. Hari ini kita meresmikan UPPKB Kintap sebagai sarana kita untuk mengendalikan muatan kendaraan bermotor sesuai dengan kapasitas yang ditentukan. Sarana ini merupakan salah satu upaya untuk memelihara ruas jalan di Kalimantan Selatan agar tidak cepat mengalami kerusakan. Jangan sampai terjadi pungli atau pelanggaran lainnya yang sudah ditentukan oleh aturan UPPKB. Seiring dengan kegiatan PNKJ tahun 2021 saya mengingatkan dan menghimbau kepada seluruh lapisan masyarakat, mari kita budayakan tertib lalu lintas," imbuh Dirjen Budi.

Unit Pelaksana Penimbangan Kendaraan Bermotor (UPPKB) hadir sebagai tempat terselenggaranya pelaksanaan penimbangan kendaraan bermotor. 

Penyelenggaraan UPPKB Kintap merupakan upaya Kementerian Perhubungan untuk mengendalikan operasional angkutan barang dari segi muatan dan dimensi di provinsi Kalsel. 

“Harapan kita semua, keberlangsungan UPPKB Kintap dapat mengurangi tingkat kerusakan jalan dan meningkatkan berbagai aspek maupun pengendalian keselamatan lalu lintas dengan berbagai upaya seperti penilangan kendaraan, transfer muatan, dan penandaan pilok kendaraan yang over dimensi agar dilakukan pemotongan,” tambah Dirjen Budi.

Sebagai akhir dari rangkaian kegiatan acara hari ini, BPTD wilayah XV bekerjasama dengan Kadin Kabupaten Banjar menggelar vaksinasi gratis sebanyak 500 vaksin.

50 dosis di antaranya sudah dilakukan pada puncak peringatan Hari Perhubungan Nasional kepada insan transportasi di Terminal Tipe A Gambut Barakat. (omy)