Astra Group Bantu 1.500 Pohon Buah-buahan untuk Warga Kota Cirebon

  • Oleh : Taryani

Jum'at, 08/Okt/2021 10:35 WIB
Wakil Wali Kota Cirebon, Dra. Hj. Eti Herawati, Astra Financial diwakili Asuransi Astra, Adi Sepiarso dan Ketua RW 08 Merbabu Asih,  Agus Supriono foto bersama. (Ist.) Wakil Wali Kota Cirebon, Dra. Hj. Eti Herawati, Astra Financial diwakili Asuransi Astra, Adi Sepiarso dan Ketua RW 08 Merbabu Asih, Agus Supriono foto bersama. (Ist.)

CIREBON (BeritaTrans.com) – Wakil Wali Kota Cirebon, Dra. Hj. Eti Herawati menegaskan, Pemda Kota Cirebon  tidak bisa sendiri melakukan pembangunan. Dibutuhkan sinergi dengan berbagai pihak termasuk pihak swasta.

Hal ini seperti yang dilakukan Astra Group melalui Asuransi Astra Buana memberikan 1.500 pohon produktif di RW 08 Merbabu Asih, Kota Cirebon.

“Saya ucapkan terima kasih kepada Astra Group atas dukungan yang diberikan kepada Pemda Kota Cirebon,” kata Eti, Kamis (7/10/2021).

Wakil Wali Kota Cirebon, Dra. Hj. Eti Herawati menghadiri langsung penanaman pohon produktif di Kampung Berseri Astra di RW 08 Merbabu Asih Harjamukti, Kota Cirebon. 

Dijelaskan, bantuan dari Astra Grup bukan baru pertama kali dilakukan. Sebelumnya juga telah memberikan pendampingan dan dukungan untuk UMKM di Kota Cirebon. Sehingga UMKM di Kota Cirebon bisa berkembang.

Ia berharap dengan adanya bantuan pohon produktif  itu membuat Kota Cirebon menjadi lebih hijau lagi.

Astra Financial diwakili Compliance & Risk Management Director Asuransi Astra, Adi Sepiarso menjelaskan bantuan pohon produktif merupakan bagian dari tanggung jawab sosial  perusahaan.

Pihaknya memiliki 4 pilar kepedulian dan tanggung jawab sosial, yakni di bidang pendidikan, kesehatan, lingkungan hidup dan UMKM.

Bantuan pohon produktif merupakan sinergi yang baik antara Pemda Kota Cirebon, warga dan Astra Group.

RW 08 Merbabu Asih merupakan satu dari 113 kampung berseri astra (KBA). Bahkan KBA Merbabu merupakan KBA unggulan dan pada 2017 lalu pernah menjadi juara nasional.

Adi mengatakan, Astra juga berencana meneruskan kepedulian ini ke daerah-daerah lain. “Kami akan meminta Pak Agus (Ketua RW 08 Merbabu Asih) untuk sharing pengalaman supaya menginspirasi tempat-tempat lainnya,” kata dia.

Jenis pohon produktif yang ditanam di kampung RW 08 Merbabu Asih berupa; jambu, mangga gedong, jambu kristal, sawo, kopyor, dan pohon buah-buahan lainnya.

Ketua RW 08 Merbabu Asih, Kecamatan Harjamukti, Agus Supriono mengemukakan, pihaknya saat ini tengah mengajukan  kembali desain pengembangan yang sempat tertunda karena pandemi. Nantinya akan menjadi kampung wisata peduli lingkungan.

Terkait bantuan pohon produktif dari Astra Group, Agus menjelaskan bantuan tersebut memiliki dua orientasi. Masing-masing orientasi terhadap ketahanan pangan dan penurunan gas emisi rumah kaca. (Taryani)