Ribuan Pelajar Subang Ikut Serbuan Vaksin Gelaran KSOP Patimban dan TNI AL di Atas Kapal Perang

  • Oleh : Naomy

Sabtu, 09/Okt/2021 13:25 WIB
Mantap, Pelajar Subang divaksin di atas kapal perang Mantap, Pelajar Subang divaksin di atas kapal perang

PATIMBAN (BeritaTrans.com) -  Kementerian Perhubungan cq Direktorat Jenderal Perhubungan Laut melalui KSOP Patimban bersama Komando Lintas Laut Militer (Kolinlamil) TNI AL menggelar Serbuan Vaksin yang berlangsung di atas kapal perang KRI Bintuni milik TNI AL.

Baca Juga:
Pakai Kapal Perang, TNI AL Distribusi Logistik Pemilu ke Daerah Terpencil

Peserta vaksin yang digelar hari ini (9/10/2021) sebanyak 1.195 pelajar di wilayah Patimban.

Kepala KSOP Patimban Heri Purwanto menyebutkan, peserta vaksinasi berasal dari pelajar SMP hingga SMA sebagai persiapan belajar tatap muka yang telah berlangsung di beberapa daerah sejak September 2021.

Baca Juga:
Cek di Sini Tarif Penyeberangan Patimban-Pontianak dan Patimban-Banjarmasin

“Kantor pelayanan di depan kantor KSOP Patimban dijadikan tempat screening dan registrasi Vaksin. Peserta dijemput secara bertahap dari masing-masing sekolah ke area screening vaksin dan pendaftaran,” bebernya.

Uniknya, proses vaksinasi para pelajar tersebut dilakukan di atas kapal KRI Bintuni, jadi para pelajar sekaligus lebih mengenal dunia maritim dan memeroleh pengalaman melihat dan menaiki langsung kapal perang tersebut.

Baca Juga:
ASDP Kembali Operasikan KMP Ferrindo V, Layani LDF Rute dari Patimban ke Pontianak dan Banjarmasin

Setelah proses screening selesai, para pelajar dibawa dengan tiga kendaraan ke area terminal kontainer (sandar kapal) dan naik ke kapal KRI Bintuni untuk pelaksanaan vaksin.

Sebelumnya, KRI Bintuni telah sandar di dermaga kontainer Pelabuhan Patimban untuk persiapan acara serbuan vaksin tersebut, sejak kemarin. 

Ikut mendampingi KRI Bintuni, kapal Patroli PLP Kelas 1 Tanjung Priok dan Kapal Patroli Bea dan Cukai Tanjung Priok.

Kepala Staff Kolinlamil, Laksamana TNI Retiono Kunto menyampaikan apresiasi atas terselenggaranya acara serbuan vaksin tersebut.

“Khususnya bisa mendukung program pemerintah sesuai arahan, TNI AL membantu percepatan vaksinasi bagi masyarakat khususnya masyarakat maritim,” ujarnya.

Dia berharap kegiatan ini dapat memberi manfaat dan berkontribusi dalam percepatan pembentukan Herd Immunity di masyarakat.

“Mudah-mudahan upaya ini bermanfaat bagi masyarakat, bisa segera meningkatkan Herd immunity masyarakat juga khususnya yang berada di Kecamatan Pusakanagara Kabupaten Subang,” tuturnya.

Turut hadir dalam acara tersebut Wakil Bupati Kabupaten Subang Agus Maskur Rosyadi, Kepala Staf Kolinlamil Laksamana TNI Retiono Kunto H, Direktur Kesatuan Penjagaan Laut dan Pantai (KPLP) Kementerian Perhubungan Ahmad, Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Subang beserta Jajaran dan seluruh stakeholder terkait. (omy)