Pandemi Covid-19 Mereda, Sektor Pariwisata di Indramayu Mulai Bergeliat

  • Oleh : Taryani

Kamis, 14/Okt/2021 10:22 WIB
Anggota GAPPIT Se-Ciayumajakuning bersilaturahmi ke Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Budpar) Indramayu. Tampak rombongan foto bersama dengan Kadis Budpar, Drs. Carsim. (Ist.) Anggota GAPPIT Se-Ciayumajakuning bersilaturahmi ke Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Budpar) Indramayu. Tampak rombongan foto bersama dengan Kadis Budpar, Drs. Carsim. (Ist.)

INDRAMAYU (BeritaTrans.com)- Seiring mulai  melandainya pandemi Covid-19 di wilayah Ciayumajakuning (Cirebon, Indramayu, Majalengka dan Kuningan) sektor ekonomi khususnya pawisata dan travel tampaknya mulai bergeliat lagi.

Sudah banyak bus pariwisata di Indramayu dan sekitarnya beroperasi  melayani kelompok masyarakat atau komunitas hilir mudik ke luar kota menuju lokasi  wisata.

Terlebih momentumnya dinilai tepat.  Karena saat ini sudah mulai memasuki bulan Maulid Nabi  Muhammad SAW.

Pada bulan ini biasanya banyak komunitas di masyarakat melaksanakan kegiatan  berwisata religi atau ziarah Wali Songo.

Guna menyambut mulai tumbuh dan berkembangnya kembali  wisata, Gabungan Pengusaha Pariwisata dan  Industri Travel  (GAPPPIT) Ciayumajakuning, Rabu (13/10/2021) melakukan kunjungan ke Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Budpar) indramayu.

Rombongan GAPPIT diterima Kepala Dinas Budpar Indramayu, Drs. H. Carsim dan Kabid Pariwisata, Dra. Ela.  Mereka berdialog  di ruang kerja Kepala Dinas Budpar.

Diselingi senyum dan tawa, brolan ringan para angggota GAPPIT itu mengutarakan niatnya bersinergi dengan jajaran pemerintah, pengelola obyek wisata dan pemilik resto yang ada di Kabupaten Indramayu.

Salah seorang anggota GAPPIT Kabupaten Indramayu mengemukakan, sekarang ini mulai banyak bermunculan lokasi wisata, resto atau kuliner dan sebagainya.   Hal itu menarik perhatian masyarakat berkunjung ke Indramayu.

Kadis Budpar, Drs. H. Carsim mengemukakan, walaupun pandemi Covid-19 sudah mulai reda akan tetapi belum seluruh obyek wisata  beroperasi.

Usai bertemu dengan Kadis Budpar Indramayu, anggota GAPPIT meneruskan observasi  obyek wisata agrowisata Situbolang di Desa Jatisura, Kecamatan Cikedung, Indramayu.

Di lokasi wisata ini pengunjung dapat menikmati pemandangan aneka buah seperti berbagai jenis mangga, lengkeng, durian, belimbing.

Jika lagi musim buah pengunjung dapat memetik sendiri buah tersebut langsung dari pohonnya.

Usai melihat-lihat dari dekat di kawasan agrowisata Situ Bolang, rombongan menuju Surya De Resto Gabus Kulon di Kecamatan Gabus Wetan.

Keberadaan agrowisata Situ Bolang sebagai obyek wisata pada satu sisi dapat dipadukan dengan Surya De Resto Gabus Kulon.

Keduanya bisa dipadukan dalam satu  paket wisata karena letaknya tak begitu berjauhan.

Pemanataun BeriaTrans.com, Kamis (14/10/2021) mengamati aktivitas wisata  kawasan Bojong Sari Indramayu yang terkenal dengan wahana air terjun, pemandian dan kereta listrik belum beroperasi. (Taryani)