Pelita Samudera Shipping (PSSI) minta Persetujuan Pemisahan Segmen Kapal Kargo Curah

  • Oleh : Redaksi

Kamis, 21/Okt/2021 15:59 WIB
foto:istimewa/ilustrasi foto:istimewa/ilustrasi

JAKARTA (BeritaTrans.com) - PT Pelita Samudera Shipping Tbk (PSSI) melalui Rapat Umum Pemegang Saham Luar Biasa (RUPSLB), (20/10), meminta persetujuan pemegang saham terkait dengan pemisahan segmen usaha pengangkutan kapal kargo curah ke entitas anak usaha PSSI.

Direktur Utama PT Pelita Samudera Shipping Tbk (PSSI) Iriawan Alex Ibarat menyampaikan pemisahan (Spin-off) ini telah dikaji dan diproses dengan mengacu pada ketentuan dan peraturan yang berlaku. 

Dengan Pemisahan ini, diharapkan pengembangan dan pengelolaan aset dapat lebih intensif dan lebih optimal, sehingga kedua perusahaan, baik PSSI sebagai Induk maupun entitas anak dapat memberikan kontribusi yang lebih baik kepada semua pemangku kepentingan Perseroan.

Iriawan bilang proses pemisahan ini, dilakukan dengan memindahkan enam unit kapal kargo curah besar milik PSSI, berikut persediaan dan pinjaman terkait pemisahan ke entitas anak yang akan didirikan, dimana kepemilikan saham Perseroan dalam entitas anak tersebut adalah sebesar 99%.

“Pemisahan ini diharapkan akan memberikan konsentrasi pengembangan usaha yaitu secara khusus, kemudahan bagi entitas anak untuk memperoleh akses pendanaan baik dari perbankan maupun dari para investor strategis,” ucap Iriawan dalam rilis yang diterima Kontan.co.id, Rabu (20/10).

Iriawan menambahkan, PSSI saat ini sedang melakukan penjajakan pasar dengan para investor strategis dalam rangka pengembangan Segmen Usaha pengangkutan kapal kargo Curah tersebut.(amt/sumber:kontan.co.id)