Sesjen Kemenhub Minta PPID Kemenhub Lebih Proaktif dan Berkompetisi

  • Oleh : Naomy

Kamis, 04/Nov/2021 16:39 WIB
Sesjen Kemenhub Djoko Sasono Sesjen Kemenhub Djoko Sasono

BANDUNG (BeritaTrans.com) - Sekretaris Jenderal Kementerian Perhubungan, Djoko Sasono minta Pejabat Pengelola Informasi dan Dokumentasi (PPID) Kementerian Perhubungan harus lebih proaktif dalam memberikan informasi kepada masyarakat.

"Hal tersebut harus dilakukan agar masyarakat dapat memperoleh informasi yang benar dari orang yang tepat," ujarnya saat membuka Forum PPID Kemenhub 2021 dengan tema "Are We Good Enough? Insan PPID Yang Inovatif dan Kolaboratif" di Bandung, Kamis (4/11/2021).

Baca Juga:
Buka Rakornis, Kepala BPSDMP Ingatkan Pentingnya Kampus Harus Inovatif

"Kita juga harus bertanya kepada masyarakat" are you satisfied enough?", kita harus lebih proaktif dalam melayani masyarakat, hal tersebut harus kita lakukan agar masyarakat betul-betul mendapatkan informasi yang benar dari orang yang tepat apalagi dalam kondisi pandemi seperti sekarang" ucap Djoko.

Dia juga menyampaikan agar PPID di lingkungan Kemenhub melakukan kompetisi antarPPID agar dapat lebih memacu diri untuk meningkatkan pelayanan dan inovasi.

Baca Juga:
BPSDMP Dorong Kampusnya Tingkatkan Recovery Usai Pandemi

"Saya minta diadakan kompetisi agar dapat memacu PPID Kemenhub di daerah agar lebih kompetitif dan meningkatkan pelayanan. Salah satu Kementerian yang memeroleh nilai tinggi dalam penilaian Komisi Informasi Pusat melakukan hal tersebut, sehingga PPID mereka terus berinovasi dan pelayanannya meningkat,' beber dia.

Dalam kesempatan yang sama Djoko mengatakan dalam kondisi pandemi seperti sekarang, harus dapat mengikuti dinamika dan perubahan yang ada untuk dapat bertahan, salah satunya beradaptasi dengan sistem kerja yang inovatif, solutif dan efisien. 

Baca Juga:
Kepala BPSDMP: Taruna Harus Cekatan, Enerjik, Nyali, Inspiratif Inovatif, dan Lentur

"Dulu PPID Kemenhub terbiasa bertatap muka dengan pemohon informasi, namun sekarang dengan teknologi informasi pemohon di seluruh Indonesia mendapatkan informasi yang dibutuhkan dengan mudah, cepat dan murah," tutur Sesjen. 

Di akhir sambutan Sesjen mengapresiasi atas capaian Kemenhub yang dapat mempertahankan predikat badan publik "Informatif" dari Komisi Informasi Pusat, prestasi ini telah dicapai Kemenhub selama tiga tahun berturut-turut. 

Kepala Biro Komunikasi dan Informasi Publik Kemenhub Hindro Surahmat mengatakan, Forum PPID 2021 sebagai ajang bertukar pikiran sesama insan PPID di Kemenhub diharapkan mampu menciptakan inovasi dan kolaborasi yang semakin apik antar PPID. 

Hadir sebagai narasumber dalam kegiatan tersebut yaitu Komisioner Bidang Penelitian dan Dokumentasi Komisi Informasi Pusat Romanus Ndau; Subkoordinator Media Online Kementerian Komunikasi dan Informatika Annisaa Bonita; dan Tenaga Ahli Komisi Informasi Pusat, Tya Tirtasari. (omy)