Temanggung Hari Minggu Ini Gerakan Rumah Tangga Bersihkan Sampah

  • Oleh : Taryani

Minggu, 07/Nov/2021 10:27 WIB
Bupati Temanggung memberikan kantong plastik kepada ibu-ibu yang sedang berbelanja di pasar guna menekan sampah. (Ist.) Bupati Temanggung memberikan kantong plastik kepada ibu-ibu yang sedang berbelanja di pasar guna menekan sampah. (Ist.)

TEMANGGUNG (BeritaTrans.com)  – Pemerintah Kabupaten Temanggung, Jawa Tengah  mencanangkan Deklarasi Pasar Bebas Sampah yang dipusatkan di Pasar Ngadirejo, Jumat (5/11/2021).

Deklarasi itu dalam rangka Hari Ulang Tahun ke- 187 sekaligus menyukseskan Gerakan Temanggung Bebas Sampah.

Bupati Temanggung, HM Al Khadziq mengatakan, Deklarasi Pasar Bebas Sampah merupakan kampanye untuk mengurangi penggunaan kantong plastik, serta pengelolaan sampah dengan metode 3R (reduce, reuse, dan recycle), serta dikelola sesuai jenisnya.

“Kita lakukan kampanye penyadaran kepada masyarakat terlebih dulu. Kalau dalam pelaksanaan nanti ada hambatan, baru kita pikirkan untuk perangkat peraturan-peraturannya,” ujar bupati di sela kegiatan.

Pada kesempatan tersebut, bupati membagikan tas belanja yang dapat dipakai berulangkali kepada pengunjung pasar.

Kepala Dinas Perumahan Rakyat, Kawasan Pemukiman dan Lingkungan Hidup (DPRKPLH),  Entargo Yutri Wardono menjelaskan, Gerakan Pasar Bebas Sampah dilaksanakan di Pasar Temanggung, Pasar Parakan dan Pasar Ngadirejo. Untuk pasar lainnya akan dilakukan pada waktu mendatang.

“Untuk hari ini Gerakan Temanggung Bersih dilaksanakan di pasar-pasar,” ujarnya.

Gerakan bersih-bersih yang dilakukan oleh Organisasi Perangkat Daerah (OPD) se-Temanggung dan pada hari Minggu akan menggerakkan rumah tangga-rumah tangga di tingkat dusun atau lingkungan untuk membersihkan lingkungan, jalan, saluran/selokan, taman dari sampah liar.

Acara deklarasi diawali pembacaan dan penandatanganan Deklarasi Pasar Bebas Sampah, di mana warga pasar daerah Kabupaten Temanggung yang terdiri dari Unit Pengelola Teknis (UPT), pedagang pasar, dan pengunjung, bertekad untuk mewujudkan Pasar Bebas Sampah.

Dilanjutkan treatikal oleh grup kesenian Sekar Langit dan penempelan stiker Pasar Bebas Sampah oleh bupati dan Kepala DPRKPLH Kabupaten Temanggung. (tr)