BPBD Rembang Cegah Banjir Angkat Sampah di Sungai Gunakan Alat berat

  • Oleh : Taryani

Rabu, 17/Nov/2021 09:57 WIB
Pembersihan sampah menggunakan alat berat yang menggunung di bawah jembatan Desa Sidorejo, Kecamatan Sedan, Senin (15/11/2021). (Ist.) Pembersihan sampah menggunakan alat berat yang menggunung di bawah jembatan Desa Sidorejo, Kecamatan Sedan, Senin (15/11/2021). (Ist.)

REMBANG (BeritaTrans.com)  – Petugas Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Rembang melakukan pembersihan sampah yang semula menumpuk dan menyumbat  di bawah jembatan Desa Sidorejo, Kecamatan Sedan, Senin (15/11/2021).

Kepala Seksi Kedaruratan BPBD Kabupaten Rembang,  Pramujo menjelaskan, pembersihan dilakukan sebagai langkah antisipasi agar tidak terjadi banjir.

Sebab di bawah jembatan Desa Sidorejo terdapat gunungan sampah yang menumpuk. Selain sampah plastik juga terdapat rumpun bambu yang terbawa arus sungai usai hujan deras mengguyur wilayah Kecamatan Sedan.

Menurutnya, jika tumpukan sampah tersebut tidak dibersihkan  rawan mengakibatkan banjir di permukiman penduduk di sekitar bantaran sungai. Terlebih akhir-akhir ini sering turun hujan.

Disampaikan, proses pembersihan sampah menggunakan alat berat  guna mempercepat pengangkatan sampah.

Seiring dengan peningkatan curah hujan, Pramujo mengimbau pihak desa mengerahkan masyarakat melakukan pemetaan lingkungan titik rawan bencana sekaligus melakukan penanganan.

“Selain banjir  juga kerawanan tanah longsor. Melalui sistem deteksi dan antisipasi sejak dini, diharapkan tidak sampai menimbulkan korban jiwa, ketika terjadi bencana,” jelas Pramujo. (tr)