Angkasa Pura II Cabang Halim Perdanakusuma Taman 1,5 Ribu Pohon dan Tebar 5 Ribu Bibit Ikan

  • Oleh : Fahmi

Rabu, 17/Nov/2021 12:10 WIB
Executive General Manager PT Angkasa Pura II (AP II) Marsma TNI Nandang Sukarna saat melakukan penanaman pohon di Taman Kota Indraloka, Jakarta Timur, Rabu (17/11/2021). Executive General Manager PT Angkasa Pura II (AP II) Marsma TNI Nandang Sukarna saat melakukan penanaman pohon di Taman Kota Indraloka, Jakarta Timur, Rabu (17/11/2021).

JAKARTA (BeritaTrans.com) - PT Angkasa Pura II (Persero) kantor cabang Bandara Halim Perdanakusuma (HLP) melakukan penanaman 1,5 ribu pohon dan tebar lima ribu ikan nila di Taman Hutan Kota Indraloka, Kecamatan Cipayung, Jakarta Timur, Rabu (17/11/2021). 

Kegiatan dengan tema "Hijaukan Kembali untuk masa depan bumi kita" itu merupakan perwujudan dari program tanggung jawab sosial dan lingkungan (TJSL) oleh AP II cabang HLP kepada masyarakat sekitar bandara dan juga merupakan bentuk hubungan jalinan tali silaturahim dengan pemerintah Kota Jakarta Timur. 

Baca Juga:
Pastikan Kesigapan Petugas, Latihan Penanggulangan Keadaan Darurat Digelar di Bandara Ngurah Rai

"Pemberian bantuan yang diberikan ini adalah sebagai rasa tanggung jawab sosial terhadap kebutuhan udara Kota Jakarta, sebagai jantung kota yang telah sesak akan polusi udara yang kian hari kian semakin memburuk. Mudah-mudahan dengan adanya kegiatan ini polusi udara di kota Jakarta menjadi lebih bersih," kata Executive General Manager PT Angkasa Pura II (AP II) Marsma TNI Nandang Sukarna di lokasi. 

Adapun yang diberikan oleh PT Angkasa Pura II melalui program bina lingkungan berupa 1.500 pohon pelindung yang terdiri dari Mahoni dan Jati Solomon, serta 5.000 bibit ikan nila dan penyerahan mesin pompa air. Jumlah total dari keseluruhan bantuan tersebut ialah senilai Rp65.100.000. 

Baca Juga:
2 Maskapai Penerbangan Segera Buka Rute Banyuwangi Menuju Surabaya dan Jakarta

Nandang berharap, pemberian atau penanaman pohon tersebut akan bersifat jangka panjang. "Kedepannya, penghijauan yang dilakukan pada sekarang, akan dirasakan oleh anak cucu kita kelak," ujarnya. 

Baca Juga:
Singapura Perluas Bandara Changi, Bangun Terminal 5 yang Fantastis

"Dengan pemberian bantuan program bina lingkungan tersebut, semoga dapat memberikan manfaat kepada masyarakat khususnya di wilayah Jakarta Timur," sambungnya. 

Nandang juga menyampaikan terima kasih kepada Pemerintah Kota Jakarta Timur serta Dinas Pertamanan dan Hutan Kota, yang selama ini turut berpartisipasi dan mendukung PT Angkasa Pura II dalam menjalankan kegiatan ini. 

Kepala Dinas Pertamanan dan Hutan Kota DKI Jakarta, Suzi Marsitawati dalam sambutannya menyampaikan penanaman pohon merupakan hal yang mudah dilakukan, namun dalam konteks Jakarta, keterbatasan ketersediaan lahan menjadi kendala utama. Pembangunan kota yang pesat membuat penggunaan lahan yang lebih cenderung menjadi ekonomis. Hal tersebut menyebabkan terjadinya konfrensi ruang terbuka hijau (RTH) menjadi lahan terbangun secara masif. Penurunan luasan RTH tentu akan membawa dampak negatif bagi masyarakat dengan hilangnya manfaat jasa lingkungan dari RTH. 

"Semoga penanaman pohon yang akan kita lakukan pada hari ini dapat berkontribusi terhadap peningkatan kwalitas lingkungan hidup Kota Jakarta," ujar Suzi. 

Tanggung jawab peningkatan RTH dikatakan Suzi tidak hanya berada pada Pemerintah Provinsi, melainkan juga perlu dukungan yang kuat dari seluruh elemen masyarakat dan juga stakeholder seperti Angkasa Pura II. 

Dikatakannya juga nantinya RTH yang berada di Taman Kota Indraloka yang dilakukan penanaman pohon tersebut akan bibuatkan sarana dan prasarana pendukung untuk lebih nyaman dinikmati oleh masnyarakat.  

"Hutan kota ini nantinya akan dilengkapi dengan sarana dan prasarana pendukung agar bisa dinikmati oleh masyarakat," katanya. 

Dia berharap agenda penanaman pohon ini menjadi kegiatan rutin untuk meningkatkan kwalitas udara dan melestarikan. 

Sementara itu Walikota Jakarta Timur yang diwakili Camat Cipayung Ritonga menyampaikan terima kasih karena daerahnya menjadi salah satu tempat untuk dilaksanakannya kegiatan tersebut. 

"Kami mengucapkan terima kasih bahwa kegiatan sosial PT Angkasa Pura II ditunjuk dilokasi kita, untuk melestarikan hutan kota kita," ujar Ritonga. 

Ritonga juga mengungkapkan, kegiatan ini merupakan bentuk dukungan untuk kelestarian alam dan bisa memperbaiki resapan air yang saat ini sering terjadi banjir. 

Perlu diketahui, selain program bina lingkungan, PT Angkasa Pura II juga memiliki program bantuan dana kemitraan kepada UMKM di DKI Jakarta khususnya di sekitar wilayah Bandara Halim Perdanakusuma. Untuk dana program kemitraan yang telah disalurkan oleh Kantor Cabang HLP sampai dengan tahun 2021 sebesar Rp17.348.500.000 dengan jumlah sebanyak 1.027 mitra binaan. Sedangkan untuk dana program bina lingkungan yang telah disalurkan oleh Kantor Cabang HLP sampai dengan tahun 2021 ialah sebesar Rp9.334.944.480. 

Secara corporate AP II, Danang menyebutkan, sampai dengan tahun 2021 pihaknya telah menyalurkan dana program kemitraan sebesar Rp351.952.575.000. Sedangkan Untuk program bina lingkungan sampai dengan tahun 2021 ialah sebesar Rp188.790.341.636,51. 

Sesuai dengan tujuannya, kegiatan-kegiatan PKBL tersebut yang dilaksanakan bertujuan untuk menciptakan dan memelihara hubungan yang harmonis dengan lingkungan sekitar lokasi kerja untuk memberikan manfaat yang besar bagi masyarakat sekitar. 

"PT Angkasa Pura II juga memiliki komitmen untuk melaksanakan tanggung jawab perusahaan di bidang sosial serta lingkungan sesuai dengan prinsip pengembangan lingkungan yang berkelanjutan, baik secara ekonomi, sosial Maupun lingkungan," pungkas Nandang.

Kegiatan ini dihadirkan oleh Staf Dinas Penanaman dan Hutan Kota Jakarta, Staf Walikota Jakarta Timur, Camat Cipayung, Lurah Ceger dan Kepala Polisi Sektor Cipayung. (fahmi)