Potensi Tsunami Raksasa Bisa Terjadi di Indonesia Kapan Saja, BMKG: Ancam Pesisir Pulau Jawa

  • Oleh : Dirham

Kamis, 18/Nov/2021 10:44 WIB
Potensi Tsunami Raksasa. Potensi Tsunami Raksasa.

JAKARTA (BeritaTrans.com) - Sejumlah daerah di Indonesia terancam mengalami tsunami. Potensi tsunami di Tanah Air mengancam daerah selatan pesisir Pulau Jawa dan sekitarnya.

Berdasarkan pemodelan, tsunami di selatan Jawa efeknya bisa sampai ke pesisir Jakarta dan sekitarnya meski kawasan ibu kota jauh di bagian utara.

Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) pun menjelaskan Indonesia merupakan wilayah aktif dan rawan gempa bumi. Indonesia punya potensi bencana gempa yang bisa terjadi kapan saja dengan berbagai kekuatan.

Namun, BMKG juga mengimbau agar masyarakat tetap tenang dan tidak terpancing isu yang tidak bisa dipertanggungjawabkan kebenarannya.

BMKG menyebutkan hingga saat ini belum ada teknologi yang bisa memprediksi gempa dengan tepat dan akurat, termasuk meramalkan waktu, tempat dan kekuatan gempa tersebut.

"Sehingga BMKG tidak pernah mengeluarkan informasi prediksi gempa bumi," mengutip dari laman resmi BMKG.

Kepala Laboratorium Geodesi Institut Teknologi Bandung (ITB) Heri Andreas sempat menyampaikan, berdasarkan data dari Global Navigation Satellite System (GNSS), dikonfirmasi adanya akumulasi energi di bagian megathrust Selat Sunda hingga pesisir selatan Pulau Jawa.

Seperti Pelabuhan Ratu dan selatan Parangtritis hingga selatan Pantai Jawa Timur. Berdasarkan hasil pemodelan, jika gempa terjadi dengan kekuatan mencapai magnitudo (M) 8,7 hingga 9,0, bisa jadi diikuti tsunami setinggi 20 meter.

Fakta yang terjadi saat ini, menurutnya, pesisir Jakarta wilayahnya sudah ada di bawah laut hingga minus 1-2 meter. Ini artinya potensi tsunami akan lebih besar.

"Berdasarkan hasil simulasi model, run-up tsunami dapat mencapai sebagian besar Pluit, Ancol, Gunung Sahari, Kota Tua hingga Gajah Mada. Kalau kita perhatikan modelnya ternyata nyaris menyentuh Istana," ujar Heri dalam keterangan tertulis.

Berdasarkan pemodelan ini, menurut dia, peran tanggul pantai di laut Jakarta sangat penting. Tidak hanya berfungsi mencegah banjir rob, tapi juga melindungi Jakarta dari ancaman tsunami.

"Fakta ini mau tidak mau harus diungkap, meskipun terkesan menakut-nakuti," lanjutnya.

Heri pun mengajak agar masyarakat menyikapi hal ini dengan bijak dan waspada. Menurutnya, gempa bumi dan tsunami merupakan bencana alam yang hampir tidak mungkin bisa dicegah.

Beberapa waktu lalu, ada prediksi potensi gempa besar dan tsunami raksasa setinggi 29 meter di wilayah pantai selatan Pulau Jawa, khususnya Jawa Timur. Ramai juga soal prediksi gempa dan tsunami di pesisir Jawa hingga Selat Sunda oleh TIM ITB setinggi 20 meter. (ds/sumber CNBC News Indonesia)