Kapolda Jabar Bersama Bupati Kuningan Tinjau Vaksinasi Massal di Desa Sangkanhurip

  • Oleh : Taryani

Kamis, 25/Nov/2021 18:09 WIB
Kapolda Jabar, Irjen Pol Drs. Suntana, M.Si bersama Bupati Kuningan  meninjau vaksinasi massal di Kabupaten Kuningan. (ist.) Kapolda Jabar, Irjen Pol Drs. Suntana, M.Si bersama Bupati Kuningan meninjau vaksinasi massal di Kabupaten Kuningan. (ist.)

KUNINGAN (BeritaTrans.com) - Kapolda Jabar Irjen Pol. Drs Suntana, M.Si melakukan serangkaian peninjauan vaksinasi massal dan pemberian paket sembako di Desa Sangkanhurip, Kecamatan Cigandamekar, Kabupaten Kuningan, Jawa Barat, Kamis (25/11/2021).

Dalam peninjauan itu Kapolda Jabar didampingi Bupati Kuningan, H. Acep Purnama, SH., MH, Kapolres Kuningan AKBP Doffie Fahlevi Sanjaya bersama jajaran Forkopimda Kabuaten Kuningan, Ketua MUI Kabupaten Kuningan KH Dodo Syarif Hidayatullah, Ketua PCNU Kabupaten Kuningan KH Aam Aminudin beserta tamu lainnya.

Kapolda Jabar mengapresiasi antusiasme warga Jabar khususnya Kabupaten Kuningan  melaksanakan vaksinasi. Pihaknya terus membantu pemerintah agar sasaran target vaksinasi bisa tercapai.

Antusiasme warga melaksanakan vaksinasi terus meningkat. Ini menunjukan masyarakat telah sadar pentingnya mendapatkan vaksin untuk keselamatan dan kesehatannya dari penyebaran Covid-19.

"Saya mengimbau seluruh elemen masyarakat yang sudah divaksin baik dosis pertama maupun yang sudah lengkap atau dosis kedua untuk tetap menjaga kesehatannya dengan disiplin menerapkan protokol kesehatan,” katanya.

Selain itu, ujar Kapolda Jawa Barat, vaksinasi akan sulit mencapai target jika tidak ada bantuan maupun kerjasama dari seluruh pihak.

Oleh karena  itu akan terus mendorong semua stakeholder atau pemangku kepentingan, komunitas, badan usaha dan lainnya untuk bergotong royong dalam mempercepat vaksinasi untuk masyarakat.

"Saat ini masyarakat sudah mudah untuk mendapatkan vaksin. Cukup dengan mendatangi lokasi-lokasi yang menjadi pusat kegiatan vaksinasi Covid-19,” katanya.

Bahkan layanan vaksinasi dari pintu ke pintu juga terus dilaksanakan pemerintah dan berbagai lembaga lainnya seperti Polri.

Masyarakat nanti bisa datang langsung ke lokasi vaksin yang sudah disiapkan pihak terkait. Baik itu di gerai vaksin atau yang lainnya dan dipastikan tidak akan dipersulit.

Pada kesempatan tersebut Bupati Kuningan menyampaikan,  Pemkab Kuningan akan terus gencarkan "Grebeg Desa, Grebeg Kelurahan dan Grebeg Komunitas" melakukan pemberian vaksinasi kepada masyarakat secara gratis.

Program pemberian vaksinasi ini bertujuan mengurangi resiko paparan Covid-19.

Bupati berharap dengan “Grebeg Desa”  merupakan salah satu upaya  meningkatkan capaian vaksinasi dan membentuk herd immunity.

Karena vaksinasi atau imunisasi bertujuan membuat sistem kekebalan tubuh seseorang mampu mengenali dan dengan cepat melawan bakteri atau virus penyebab infeksi.

“Untuk yang lanjut usia kita sudah melakukan pelayanan door to door atau jemput bola. Intinya saya ingin warga Kuningan banyak yang tervaksinasi,” uajrnya.

Hal itu agar capaian vaksin dan kekebalan warga Kuningan lebih baik lagi.

“Saya banyak memiliki stok vaksin yang siap untuk dipakai. Apalagi nanti liburan Nataru di tempat-tempat wisata,” papar bupati.

Apabila pengunjung menggunakan aplikasi peduli lindungi dan ternyata belum divaksin maka tidak bisa masuk dan silahkan melakukan vaksin langsng di lokasi tersebut.

Bupati Kuningan akan membuat gerai-gerai vaksin di setiap lokasi wisata dan di titik-titik strategis lainnya. (tr)