Kelola Limbah dan Sampah Bandara, Angkasa Pura Properti MoU dengan Adhi Karya

  • Oleh : Naomy

Kamis, 25/Nov/2021 19:41 WIB
MoU Angkasa Pura Properti dan Adhi Karya MoU Angkasa Pura Properti dan Adhi Karya

 

JAKARTA (BeritaTrans.com) - PT Angkasa Pura Properti, salah satu anak perusahaan PT Angkasa Pura I, menandatangani nota kesepahaman atau memorandum of understanding (MoU) dengan PT Adhi Karya (Persero) Tbk. 

Baca Juga:
Antisipasi Omicron, Angkasa Pura I Perketat Pintu Masuk WNA dari Bandara Gusti Ngurah Rai dan Sam Ratulangi

MoU terkait kegiatan pengelolaan limbah dan sampah di seluruh wilayah bandara milik PT Angkasa Pura I.

Penandatanganan dilakukan di Kawasan Industri Medan (KIM), Deli Serdang Sumatera Utara, oleh Direktur Utama PT Angkasa Pura Properti Pikri Ilham Kurniansyah dan Direktur Utama PT Adhi Karya (Persero) Tbk. Entus Asnawi Mukhson, Kamis (25/11/2021). 

Baca Juga:
Trafik Penumpang Kelolaan Angkasa Pura I Naik 16,7 Persen di November 2021

Acara penandatanganan ini juga disaksikan langsung oleh Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Erick Thohir. 

"Adapun ruang lingkup nota kesepahaman ini yaitu segala bentuk kegiatan terkait penjajakan awal terkait pemanfaatan potensi kerja sama dalam pengembangan bisnis perusahaan sesuai dengan kapabilitas dan kompetensi masing – masing Pihak," urai Direktur Utama PT Angkasa Pura I Faik Fahmi. 

Baca Juga:
Angkasa Pura I Optimistis Mampu Lalui Tekanan Pandemi, ini Kiatnya

Dalam menjalankan bisnis kebandarudaraannya, Angkasa Pura I berkomitmen berkontribusi positif terhadap lingkungan hidup, salah satunya melalui pengelolaan limbah dan sampah secara efektif untuk mengimplementasikan green airport. 

"Untuk mendukung pengimplementasian bisnis secara berkelanjutan yang bervisi lingkungan hidup, Angkasa Pura I juga mendorong peran anak perusahaan dalam hal pengelolaan limbah dan sampah di bandara secara komprehensif dan efektif," ujarnya.

Direktur Utama PT Angkasa Pura Properti Pikri mengatakan, kerja sama itu terjalin untuk mengimplementasi pengelolaan limbah dan sampah di setiap bandara secara komprehensif yang sesuai dengan regulasi pemerintah. 

"Dengan bekerjasama dengan PT Adhi Karya (Persero) Tbk. yang telah ahli dalam penyedia jasa pengelolaan limbah dan sampah, PT Angkasa Pura I berkomitmen mewujudkan pengelolaan limbah yang efektif untuk menjaga lingkungan menuju green airport," kata Pikri.

Proyek pengelolaan limbah di seluruh bandara PT Angkasa Pura I akan menjadi dukungan gerakan konservasi dan pendidikan lingkungan dengan berbagai kegiatan pelestarian lingkungan, pengembangan pariwisata berdasarkan prinsip-prinsip pengelolaan berkelanjutan. 

"Terima kasih kepada Bapak Menteri BUMN Erick Thohir yang turut menyaksikan penandatanganan hari ini," ungkapnya.

Kerja sama kedua belah pihak yang merupakan bagian dari Kementerian BUMN adalah wujud dari sinergi antara BUMN dalam menerapkan nilai kolaborasi sebagai salah satu core values dari setiap BUMN. 

Kolaborasi antara BUMN diharapkan dapat menciptakan konektivitas dengan lini bisnis berbeda yang lebih luas dan pengembangan perusahaan BUMN di pasar global.

Sebagai informasi, dalam menerapkan perencanaan dan pengembangan prinsip keberlanjutan di bidang pengelolaan limbah, Angkasa Pura I menerbitkan aturan khusus melalui Instruksi Direksi terkait pengelolaan limbah dan zat kimia di bandara kelolaannya dan Surat Edaran terkait penerapan pembatasan sampah plastik sekali pakai.  

Angkasa Pura I melakukan upaya-upaya pengelolaan limbah untuk mencegah pencemaran lingkungan, baik limbah cair, limbah padat (sampah), dan limbah bahan berbahaya dan beracun (LB3) yang menyeluruh dengan menyediakan berbagai sarana seperti instalasi pengelolaan air limbah, tempat pembuangan sampah sementara terpadu, dan tempat penyimpanan limbah B3 yang berizin.

"Adapun total limbah sampah di seluruh bandara Angkasa Pura I pada 2020 sebesar 5.943 ton, sedangkan pada 2019 total limbah sampah mencapai 23.000 ton," tutup Pikri. (omy)