Bandara Tunggul Wulung Segera Kembali Operasional

  • Oleh : Naomy

Kamis, 25/Nov/2021 20:29 WIB
Menhub di Bandara Cilacap Menhub di Bandara Cilacap


CILACAP (BeritaTrans.com) - Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi meninjau tiga simpul transportasi di Cilacap, Jawa Tengah, yaitu Bandara Tunggul Wulung, Terminal Tipe A Mbangun Desa, dan Pelabuhan Tanjung Intan, Kamis (25/11/2021).

"Hari ini saya meninjau sarana dan prasarana infrastruktur di Cilacap untuk memastikan konektivitas dan produktivitas transportasi di Cilacap terus meningkat. Hal ini guna mendongkrak perekonomian masyarakat Cilacap dan sekitarnya di tengah pandemi Covid-19," urai Menhub. 

Baca Juga:
Presiden Jokowi Resmikan 4 Bandara di Sulawesi

Dia menjelaskan, pemerintah akan mengoperasikan kembali penerbangan dari dan ke Bandara Tunggul Wulung yang terletak di Kecamatan Jeruk Legi, Kabupaten Cilacap, Provinsi Jawa Tengah.

"Kami diskusi dengan Bupati, Forkompinda, dan Kapolres, terkait adanya penerbangan langsung ke sini. Insha Allah dengan adanya kerja sama yang baik antara Pemda dan stakeholder penerbangan, tidak lama lagi akan ada penerbangan langsung dari Jakarta ke Cilacap dan Semarang ke Cilacap, menggunakan pesawat ATR yang dapat memangkas waktu perjalanan,” papar Menhub.

Baca Juga:
Sah! Presiden Jokowi Resmikan Bandara Singkawang

Bandara Tunggul Wulung dibangun oleh Pertamina pada tahun 1974 dan pada tahun 1989 diserahterimakan dan resmi dikelola Departemen Perhubungan Cq. Direktorat Jenderal Perhubungan Udara.

Saat ini, bandara memiliki landasan pacu sepanjang 140m x 30m dan luas terminal 777m². Juga terdapat 2 (dua) Flying School yang beroperasi di bandara ini, yaitu: Genesha Flight Academy dan Perkasa Flying School. 

Baca Juga:
Kemenhub Akan Tingkatkan Layanan Sejumlah Simpul Transportasi di Kalimantan

Dengan fasilitas yang sudah dapat melayani night flight (terbang malam) yang menjadi kurikulum sekolah penerbangan. (omy)