Tol Akses Bandara Kertajati Beroperasi Dalam Waktu Dekat

  • Oleh : Fahmi

Jum'at, 26/Nov/2021 11:04 WIB
Akses jalan tol menuju Bandara Kertajati sudah mulai dilakukan. Diperkirakan akhir 2021 sudah bisa digunakan masyarakat. Akses jalan tol menuju Bandara Kertajati sudah mulai dilakukan. Diperkirakan akhir 2021 sudah bisa digunakan masyarakat.

JAKARTA (BeritaTrans.com) - Badan Pengatur Jalan Tol (BPJT) menyatakan ruas Jalan Tol Akses Bandara Internasional Jawa Barat (BIJB) Kertajati sudah rampung dan siap untuk dioperasikan dalam waktu dekat. Namun, belum diketahui tanggal pasti peresmian. 

Nantinya, Tol BIJB Kertajati sepanjang 3,38 kilometer (Km) bakal mengkoneksikan Tol Cikopo - Palimanan (Cipali). 

Baca Juga:
Bamsoet Cek Kesiapan Bandara Kertajati Menjadi Bandara Khusus Haji dan Umrah

"Saat ini sedang dilakukan proses untuk penerbitan SK Pengoperasian oleh Bapak Menteri PUPR (Basuki Hadimuljono) dalam waktu dekat dan semoga segera dioperasikan untuk dinikmati oleh masyarakat," ujar Anggota BPJT Unsur Profesi Koentjahjo Pamboedi dari rilis resmi, Rabu (24/11/2021). 

Sebagai informasi, Jalan Tol BIJB Kertajati memiliki peran penting dalam mendukung pengembangan segitiga kawasan pertumbuhan ekonomi di Jawa Barat, yaitu Pelabuhan Patimban di Kabupaten Subang, Bandara Kertajati di Kabupaten Majalengka, dan kawasan di Bekasi, Karawang, dan Purwakarta. 

Baca Juga:
Jasad Perempuan Berlumur Darah Ditemukan Tukang Sapu Tol Bandara Soetta

Rampungnya Jalan Tol BIJB Kertajati bersamaan dengan target rampungnya pembangunan Jalan Tol Cisumdawu pada akhir 2021 diharapkan mengurangi waktu tempuh dari Bandung dari 3 jam menjadi 1 jam. 

Ruas Jalan Tol Akses Bandara Internasional Jawa Barat (BIJB) Kertajati dikelola oleh Badan Usaha Jalan Tol PT Astra Tol Cipali yang sekaligus mengoperasikan Jalan Tol Cikopo - Palimanan. Adapun kontraktor pelaksana proyek adalah PT Pembangunan Perumahan (Persero) dan PT ACSET Indonusa Tbk.(fhm)

Baca Juga:
Dirut BIJB : Tender Ulang Bandara Kertajati Jadi Bengkel Pesawat