Pom Mini Pertamina di Desa Ciparagejaya Karawang Bantu Petani dan Nelayan

  • Oleh : Redaksi

Minggu, 05/Des/2021 07:19 WIB
Pom mini juga memberikan peluang bagi warga untuk usaha kecil. Ada aspek distribusi kemakmuran di dalamnya. Foto: Agus W/beritatrans.com/aksi.id.. Pom mini juga memberikan peluang bagi warga untuk usaha kecil. Ada aspek distribusi kemakmuran di dalamnya. Foto: Agus W/beritatrans.com/aksi.id..

KARAWANG (BeritaTrans.com) - Hadirnya Pom Mini Pertamina di Desa Ciparagejaya membantu petani dan nelayan kawasan pesisir Karawang, Jawa Barat.

Mobilitas dan aktivitas nelayan dan petani di desa tersebut menjadi lancar seiringan dengan jaminan ketersediaan bensin.

Di desa tersebut memang ada dua sumber utama perekonomian masyarakat yakni pertanian dan perikanan.

Terdapat dua pom mini di kawasan tersebut yakni di jalan utama desa dan di kawasan pelelangan ikan.

"Jadi gampang, nggak perlu ke kota," ujar Sodik, petani, yang hendak mengisi bensin untuk mesin penyedot air ke sawah.

Kepada BeritaTrans.com dan Aksi.id, Sabtu (4/12/2021), dia mengutarakan dirinya butuh ketersediaan bensin selain untuk keperluan bekerja mesin penyedot air, juga untuk bahan bakar motor.

Hal senada dikemukakan Tohir, nelayan, yang setiap minggu dua kali melaut. "Kalau kapal pakai solar. Tapi motor di rumah pakai bensin. Motor ini dibutuhkan untuk ke sana ke mari, termasuk untuk anak ke sekolah," ujarnya.

Sementara itu, Aliyah, pedagang bensin pom mini, mengungkapkan telah sekitar lima tahun membuka usaha tersebut.

Bensin dibeli di satu SPBU di Kecamatan Tempuran. Dia menjual Pertalite Rp9.200/liter dan Pertamax Rp11.000/liter. Sehati rata-rata dapat menjual 50 liter.

""Banyak juga pemancing yang beli di sini," tutur perempuan berjilbab tersebut.

Dia menuturkan usaha pom bensin juga menambah pendapatan keluarga, sehingga mencukupi untuk membiayai kebutuhan pokok sehari-hari.

Dengan demikian, hadirnya pom mini Pertamina itu selain memberikan jaminan pasokan BBM, juga mendekatkan warga untuk mendapatkannya, sehingga mengimplementasikan energi berkeadilan.

Pada sisi lain, pom mini juga memberikan peluang bagi warga untuk usaha kecil. Ada aspek distribusi kemakmuran di dalamnya.

Pada posisi itu, Pertamina diam-diam secara massif menebarkan kesejahteraan sosial. (awe).