Meski PPKM Level 3 Batal, 2.900 Personel Pengamanan Dikerahkan di Pelabuhan Bakauheni Selama Nataru

  • Oleh : Redaksi

Jum'at, 10/Des/2021 01:18 WIB
Foto:istimewa/antara.com Foto:istimewa/antara.com

JAKARTA (BeritaTrans.com) - Kapolda Lampung Irjen Hendro Sugiatno mengatakan pihaknya bakal melakukan pengamanan termasuk di Pelabuhan Bakauheni, yang merupakan penghubung Jawa dengan Sumatera, meski tak ada Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) level 3 secara Nasional.

"Jadi untuk Pos Pam itu ada 67 kita gelar, untuk Pos Pelayanan ada 13 dan 1 Pos Terpadu di Bakauheni," kata Hendro kepada wartawan, Kamis (9/12).

Baca Juga:
2.250 Personel Gabungan Diterjunkan Dalam Pengamanan Malam Tahun Baru, Kapolres Imbau Masyarakat Tak Parkir Kendaraan di Bahu Jalan

Setidaknya akan ada 2.900 personel selama momen Natal dan Tahun Baru 2022 di Lampung. Mereka terdiri dari 1.883 anggota polisi, 202 dari unsur TNI dan sisanya 815 orang dari lembaga lainnya.

"Jadi kami random, kami tidak ada mandatory tapi random check," ucapnya.

Baca Juga:
Polrestro Bekasi Kota Bersama Lintas Sektoral Gelar Rapat Koordinasi Pengamanan Malam Tahun Baru

Masyarakat yang berpergian, kata dia, harus membawa surat keterangan jalan dari RW atau RT. Polisi juga akan mengecek surat hasil rapid test antigen bagi pengendara.

Di sejumlah pos pengamanan, Hendro mengatakan bakal ada kegiatan vaksinasi bagi mereka yang belum disuntik vaksin virus corona.

Baca Juga:
Tinjau Gereja di Malam Natal, Kapolri Pastikan TNI-Polri Beri Rasa Aman Sepanjang Nataru

"Di pos- pos yang lain juga nanti kita lihat tensinya, mana yang perlu belum, paling tidak di pos-pos pengamanan Natal kami siapkan," kata Hendro.

Hendro menjelaskan bahwa Mendagri Tito Karnavian sudah memberi arahan agar pengamanan harus dilakukan guna mencegah kerumunan. Polisi juga akan melarang kegiatan perayaan tahun baru.

Itu semua dilakukan agar tidak terjadi lonjakan kasus virus corona usai momen Natal dan Tahun Baru 2022.

"Jangan sampai ini kebablasan, terutama ke jalur jalur tempat wisata dan jalur lintas kota," kata dia.

"Tolong beritahu masyarakat, ini masih pandemi covid, jangan sampai ada gelombang ketiga muncul, kita saling menyadari bersama-sama, kita jaga kesehatan dulu," tandasnya.

Diketahui, pemerintah batal menerapkan PPKM Level 3 di seluruh Indonesia saat Natal dan Tahun Baru 2022.(amt/sumber:cnnindonesia.com)