Ilmuwan Jepang Ciptakan TV yang Mungkinkan Anda Cicipi Rasa Makanan

  • Oleh : Redaksi

Jum'at, 24/Des/2021 10:28 WIB
foto:istimewa/REUTERS foto:istimewa/REUTERS

JEPANG (BeritaTrans.com) - Seorang ilmuwan Jepang telah mengembangkan prototipe layar televisi yang dapat dijilat yang dapat meniru rasa makanan.

Pernah menonton tayangan televisi soal masak-memasak? Anda barangkali, ingin ikut merasakan kelezatan masakan yang ditayangkan di layar kaca itu meski dari kejauhan.

Dalam waktu dekat, itu kemungkinan bukan lagi fantasi. Seorang pakar dari Universitas Meiji, di Tokyo, Jepang, berhasil mengembangkan prototipe layar televisi yang dapat dijilat yang bisa meniru rasa makanan. Singkat kata, jika Anda ingin tahu rasa masakan yang muncul di layar televisi, jilat saja layar itu.

Homei Miyashita, pengembang layar jilat itu, berambisi ingin menghadirkan semua rasa makanan yang ada di dunia.

"Saya sedang berpikir untuk membuat sebuah platform di mana rasa makanan dari seluruh dunia dapat dihadirkan di layar ini. Ini sama seperti menonton film atau mendengarkan lagu yang Anda sukai. Saya harap orang-orang di masa depan dapat mengunduhnya. dan menikmati cita rasa makanan dari restoran yang mereka sukai, di mana pun mereka berada di masa depan," paparnya.

Bagaimana cara kerja layar televisi itu? Layar itu ternyata dilengkapi sepuluh tabung rasa seperti asin, asam, manis, pahit, pedas dan gurih. Semprotan dari tabung-tabung itu ketika tergabung akan menciptakan rasa makanan tertentu.

Televisi yang dilengkapi layar ini dinamakan Taste the TV. Menurut Miyashita, di era COVID-19, Taste the TV dapat meningkatkan cara orang terhubung dan berinteraksi dengan dunia luar. “Tujuannya adalah untuk memungkinkan orang mendapatkan pengalaman seperti makan di restoran di belahan dunia lain, bahkan saat tinggal di rumah,” katanya.

Miyashita bekerja dengan tim yang terdiri dari sekitar 30 mahasiswa yang telah memproduksi berbagai perangkat yang berhubungan dengan rasa, termasuk garpu yang dapat memperkaya rasa makanan.

Ia mengatakan ia sendiri membangun prototipe Taste the TV selama setahun terakhir dan versi komersialnya kemungkinan akan membutuhkan dana sekitar 100.000 yen atau Rp12, 5 juta untuk membuat setiap unitnya.

Miyashita mengatakan, Taste the TV bermanfaat untuk pembelajaran jarak jauh bagi para koki, permainan cicip makanan dan kuis makanan.

Ia juga mengaku telah melakukan pembicaraan dengan sebuah perusahaan tentang pemanfaatan teknologi semprotannya untuk alat yang dapat menghadirkan rasa pizza atau cokelat pada sepotong roti panggang. (amt/sumber:voaindonesia.com)