Umar Aris Lantik Pengurus Baru KORPRI Kaltara

  • Oleh : Naomy

Senin, 27/Des/2021 20:06 WIB
Umar Aris saat pengukuhan pengurus baru KORPRI Kaltara Umar Aris saat pengukuhan pengurus baru KORPRI Kaltara

TARAKAN (BeritaTrans.com) - KORPRI sebagai salah satu media perekat dan pemersatu bangsa dan negara, selain mempunyai tugas untuk memelihara dan merawat keutuhan Negara Kesatuan Republik Indonesia, juga mempunyai peran penting dan strategis dalam mewujudkan agenda pembangunan yang berkesinambungan. 

Baca Juga:
Beberkan Hasil Survei Balitbanghub Jelang Lebaran, Djoko Setijowarno Ingatkan Perlunya Antisipasi Dini Arus Mudik

Oleh karena itu, menurut Ketua Departemen Pembinaan Non Pemerintahan dan BUMN/BUMD yang juga Kepala Badan Penelitian dan Pengembangan Perhubungan Dr. Umar Aris mewakili Ketua KORPRI, KORPRI senantiasa dituntut meningkatkan kinerja, membangun sinergitas yang efektif dan kolaboratif, serta menumbuhkembangkan energi positif dalam setiap pelaksanaan tugas, kewajiban dan tanggung jawab yang diamanahkan. 

"Pengukuhan Dewan Pengurus KORPRI Provinsi Kalimantan Utara merupakan suatu peristiwa penting bagi anggota KORPRI yang berada di Provinsi Kalimantan Utara, karena dalam menghadapi kompleksitas permasalahan pemerintahan ke depan, tentu saja diperlukan suatu peningkatan profesionalitas bagi para aparatur yang mengawaki birokrasi dalam kerangka peningkatan pelayanan publik," ujar Umar di Tarakan usai melantik pengurus baru KORPRI Kaltara, Senin (27/12/2021). 

Baca Juga:
Balitbanghub Survei Online Penggunaan Aplikasi Navigasi Ditinjau dari Aspek Keselamatan Lalu Lintas

Oleh karena itu, paradigma profesional bermakna ajakan terus menerus untuk 
meningkatkan kompetensi dan menjadi organisasi pembelajar serta menciptakan suasana yang kondusif bagi bertumbuh kembangnya kreativitas dan terobosan-terobosan baru.

"Dapat kita sadari bahwa permasalahan atau tantangan yang terjadi saat ini tidak akan dapat diselesaikan dengan cara-cara lama yang terbukti gagal menjawab 
tantangan zaman. Birokrasi harus semakin cerdas, kreatif, responsif dan inovatif dalam mengembangkan pelayanan yang semakin murah, semakin baik, dan semakin cepat," urainya tegas. 

Baca Juga:
Hasil Survey Balitbanghub: Potensi Masyarakat Mudik Sentuh 80 Juta

Pandemi Covid-19 yang terjadi sejak awal tahun 2020, alhamdulillah sudah mulai melandai saat ini. Anggota KORPRI yang berjumlah kurang lebih 4,2 juta anggota memiliki posisi strategis dalam mendukung upaya pemerintah mencegah dalam memerangi pandemi Covid-19 dimaksud dengan selalu memberikan teladan terhadap masyarakat dengan menjaga prokes melalui 5 M.

Di samping itu, pandemi Covid-19 tersebut telah memaksa seluruh 
komponen masyarakat untuk memasuki era normal baru yang berbeda dengan perilaku dan kebiasaan yang selama ini dilakukan. 

"Oleh karena itu, anggota KORPRI harus memanfaatkan momentum tersebut sebagai peluang percepatan pemerintahan dan masyarakat berbasis digital. 

Sebagaimana diketahui bahwa Pancasila merupakan ideologi bangsa, pandangan hidup dan falsafah bangsa yang harus dipertahankan dan dimplementasikan dalam kehidupan bermasyarakat, berbangsa, dan bernegara. 

Untuk itu setiap anggota KORPRI yang telah melakukan Sumpah/Janji agar berpedoman pada kode etik Panca Prasetya KORPRI sebagai pedoman bersikap dan berperilaku sehari-hari, dan memantapkan perannya sebagai benteng Pancasila dengan melaksanakan nilai-nilai Pancasila dalam kehidupan bermasyarakat, berbangsa, dan bernegara. 

"Oleh karena itu, Aparatur Sipil Negara harus menjadi teladan dalam menjunjung tinggi nilai-nilai toleransi, menolak radikalisme, dan mengedepankan kepentingan negara dan masyarakat daripada kepentingan pribadi dan golongan karena pengabdian ASN (anggota KORPRI) adalah tegak lurus terhadap bangsa dan negara," kata dia. 

Selanjutnya ada beberapa Program Nasional KORPRI, antara lain :
1. Upacara Persemayaman;
2. Koperasi KORPRI;
3. Perumahan KORPRI;
4. MUNAS KORPRI, Januari 2022;
5. MTQ VI KORPRI, di Sumatera Barat, Tahun 2022;
6. PORNAS KORPRI, di Jawa Barat, Tahun 2023;

"Kami berharap Dewan Pengurus KORPRI Provinsi Kalimantan Utara dapat mempersiapkan untuk ikut serta dalam program nasional dimaksud," imbuhnya.

Umar mengucapkan terima kasih kepada Pengurus yang lama atas jasa-jasanya yang telah diberikan dan selamat bekerja kepada pengurus yang baru dikukuhkan.

"Selamat bertugas.Semoga Allah SWT, Tuhan Yang Maha Esa, senantiasa membimbing, melindungi dan melimpahkan taufik, serta hidayah-Nya
kepada kita sekalian dalam upaya meningkatkan pengabdian kepada 
bangsa dan negara tercinta," tutup Umar. (omy)