Ini Aturan Naik KRL dan Jadwal Operasional saat Pergantian Tahun 2022

  • Oleh : Fahmi

Jum'at, 31/Des/2021 10:05 WIB
Foto:Istimewa Foto:Istimewa

JAKARTA (BeritaTrans.com) - KAI Commuter mengeluarkan imbauan bagi penumpang untuk mematuhi protokol kesehatan di dalam KRL. KCI juga tidak menambah jam operasional pada malam pergantian tahun ini. 

"Sehubungan pada masa libur tahun baru ini kami mengajak pengguna KRL untuk saling mengingatkan sesama pengguna agar mematuhi protokol kesehatan," ujar VP Corporate Secretary KAI Commuter Anne Purba, Kamis (30/12/2021). 

Baca Juga:
Aturan Terbaru Naik KRL: Tetap Dilarang Bicara dan Wajib Pakai Masker

Disampaikannya juga, "Kami menghimbau para pengguna terutama yang membawa anak usia lima tahun ke atas agar memastikan putra-putrinya tetap mengikuti protokol kesehatan dan selalu berada dalam pengawasan orang tua," sambungnya. 

Sejak awal pandemi, KAI Commuter telah mengatur pengguna dengan barang dagangan dan pengguna yang lanjut usia agar naik KRL di luar jam sibuk untuk kesehatan dan ketertiban bersama. 

Baca Juga:
Kapasitas Ditambah, Penumpang KRL Tetap Antre di Stasiun Bekasi

Mengenai penumpang dengan barang bawaan, agar jangan sampai tertinggal atau hilang, pastikan tetap berada dalam pengawasan dan jangkauan. 

Aturan-aturan tambahan dalam menggunakan KRL juga tetap berlaku. Seperti aturan untuk tidak berbicara secara langsung maupun melalui telepon genggam saat berada di dalam kereta. 

Baca Juga:
Yes, Penumpang Naik KRL dari Stasiun Bojong Gede Pagi ini Tanpa Penyekatan

Untuk anak usia bawah 5 tahun (balita) sementara masih belum diizinkan untuk naik KRL kecuali hanya untuk keperluan medis dengan menunjukan surat-surat. 

Jam Operasional KRL Pada Malam Pergantian Tahun 

Pada malam pergantian tahun besok (31/12) KAI Commuter akan melayani masyarakat dengan jam operasional dan jadwal KRL sebagaimana selama ini. Sebagaimana tahun lalu, tidak ada penambahan jam operasional maupun jadwal pada malam pergantian tahun dan libur tahun baru 2022. 

"Seluruh aturan, tata tertib, dan protokol kesehatan juga tetap berlaku. KAI Commuter akan beroperasi pada pukul 04:00 – 22:00 WIB dengan 1.005 perjalanan KRL yang menggunakan 94 rangkaian kereta," ujar Anne. 

Kebijakan ini merupakan bagian dukungan KAI Commuter untuk mencegah kerumunan dan menjaga protokol kesehatan di tengah situasi pandemi yang mulai membaik namun tetap mewaspadai adanya varian-varian baru dari virus. 

Masyarakat juga diminta mengikuti jadwal kereta yang ada, dan tidak menginap di stasiun untuk menunggu jadwal KRL pagi harinya. 

"Kami juga mengajak pengguna untuk selalu menjaga kebersihan di stasiun maupun di dalam kereta untuk kenyamanan bersama dengan membuang sampah pada tempatnya di stasiun," pungkas Anne.(fhm)