Sapa Penumpang Sembari Petik Gitar di Atas Kapal di Pelabuhan Kaliadem, Menhub Minta Tetap Jaga Prokes

  • Oleh : Naomy

Minggu, 02/Janu/2022 15:19 WIB
Menhub di Perlabuhan Kaliadem Menhub di Perlabuhan Kaliadem

 

Baca Juga:
Arus Balik dari Sumatera Menuju Jawa Melalui Penyeberangan Terpantau Lancar dan Terkendali

JAKARTA (BeritaTrans.com)  – Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi meninjau Pelabuhan Kaliadem, Muara Angke, Jakarta Utara, Ahad (2/1/2022). 

Dalam kesempatan itu, Menhub menyapa penumpang sembari memetik gitar dan mengingatkan pentingnya penerapan pengetatan protokol kesehatan serta pemenuhan aspek keselamatan harus dijalankan dengan baik.

Baca Juga:
Puncak Arus Balik, Pemerintah Tambah Jumlah Perjalanan Kapal dan Kapasitas Rute Panjang-Ciwandan

Menhub mengatakan, di masa libur tahun baru, Pelabuhan Kaliadem selalu dipenuhi masyarakat yang akan menyeberang ke Kepulauan Seribu untuk berlibur. 

“Kita melayani mobilitas masyarakat, tetapi prokes harus tetap ketat dan keselamatan menjadi mandatory,” kata Menhub.

Baca Juga:
Pastikan Kelancaran Arus Balik, Kemenhub Siapkan Kapal Rute Panjang-Ciwandan 12-18 April 2024

Dari pantauannya, dia menjelaskan, di Pelabuhan Kaliadem sudah menerapkan pemeriksaan kesehatan melalui aplikasi PeduliLindungi, pembatasan kapasitas penumpang sebanyak 75 persen dari total kapasitas, dan penyediaan fasilitas tes antigen yang disiapkan oleh Kepolisian.

“Kita lakukan ini untuk mencegah penyebaran Covid-19,” ujar Menhub.

Kemudian terkait aspek keselamatan, dia meminta kepada Syahbandar dan pihak terkait untuk memastikan kapal-kapal telah dilakukan ramp check secara berkala. 

“Saya tadi menyerahkan surat persetujuan berlayar, tandanya kapal itu sehat, sudah diperiksa, jumlah kapasitas penumpangnya 75 persen, dan semua penumpang menggunakan life jacket. Kalau tidak ada itu, tidak bisa jalan (berlayar)," tutur Menhub.

Selain itu, Menhub juga meminta para awak kapal untuk selalu waspada dan melalukan antisipasi terhadap cuaca yang kurang baik, karena diperkirakan terjadi kenaikan ombak pada bulan Desember 2021 s.d Februari 2022.

Dia menyampaikan terima kasih kepada para petugas dari Syahbandar, Polres, Dishub, dan unsur terkait lainnya yang telah melakukan tugasnya dengan baik. Dalam tinjauannya, Menhub membagikan masker dan makanan kepada penumpang kapal, serta jaket keselamatan untuk awak kapal.

Turut hadir dalam kegiatan ini Plt Direktur Jenderal Perhubungan Laut Arif Toha, Direktur Kesatuan Penjagaan Laut dan Pantai, Direktur Kepelabuhanan Weku Frederik Karuntu serta Direktur Perkapalan dan Kepelautan Ahmad Wahid. (omy)